Thursday, July 29, 2021
Depan > Kesehatan > Orang Tua Harus Dapat Atasi Ketidaknyamanan Anak-anak Selama Pandemi

Orang Tua Harus Dapat Atasi Ketidaknyamanan Anak-anak Selama Pandemi

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan anak-anak juga dapat merasa khawatir, stres, kesal, bingung dan sedih selama pandemi COVID-19. Oleh karena itu, orang tua dapat membantu anak-anak dengan beberapa cara.

“Jika anak sering marah, cemas dan menyendiri, kita sebagai orang tua dapat meresponnya dengan memberi perhatian lebih. Anak-anak membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari orang dewasa selama melewati masa-masa sulit pandemi ini. Jangan lupa dengarkan apa yang anak-anak katakan, berbicaralah dengan lembut dan hibur mereka,” katanya.

Dewi meminta agar mengusahakan menjaga anak-anak tetap dekat dengan orang tua dan keluarganya. Saat berkumpul dengan keluarga usahakan tidak ada yang memegang gadget/HP. “Sampaikan tentang fakta yang terjadi dan berikan informasi yang jelas tentang cara mengurangi risiko penularan virus COVID-19 dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak-anak,” jelasnya.

Menurut Dewi, termasuk memberikan informasi hal-hal yang dapat terjadi dengan tetap menghibur mereka. Misalnya, jika ada yang merasakan gejala, sampaikan bahwa anak-anak harus segera melaporkan ke orang tua dan katakan bahwa dokter akan segera memulihkannya.

“Selama di rumah, ajarkan anak-anak agar tetap aktif aktivitas fisik. Misalnya menari, main lompat tali, berkebun, memasak bersama atau bermain video game dengan didampingi orang tua. Berikan yang terbaik untuk pertumbuhan anak-anak, stat safe, stay healthy and happy long weekend,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal