Thursday, February 29, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Miliki Genset Kelistrikan, Badan Usaha Wajib Lengkapi Perizinan

Miliki Genset Kelistrikan, Badan Usaha Wajib Lengkapi Perizinan

Reporter : Hendra Trisianto
DRINGU – Setiap badan usaha atau perusahaan yang mempunyai genset kelistrikan diwajibkan melengkapi dengan perizinannya.

Hal ini disampaikan Isnugroho Sulistyono, Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Sektor Perekonomian dan Pembangunan DPMPTSP Provinsi Jawa Timur saat menghadiri pembukaan road show pelayanan dan perizinan di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Probolinggo, Senin (7/9/2022) pagi.

Pelayanan gratis sinergi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Timur dan DPMPTSP Kabupaten Probolinggo tersebut
digelar selama tiga hari Senin hingga Rabu (7-9/3/2022).

Selain menitik beratkan pelayanan atas izin yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur seperti SIKPI, SIPI dan TDKP, DPMPTSP Provinsi Jawa Timur juga fokus terhadap pelayanan kepengurusan
ijin genset.

Isnu menjelaskan kewenangan izin genset yang diatur pada Undang-undang Nomor 23 Tentang Pemerintah Daerah tersebut sebelumnya berada di kabupaten/kota, kini perizinan itu dialihkan sesuai kewenangan di provinsi. Untuk Provinsi Jawa Timur mekanisme izinnya melalui DPMPTSP Provinsi Jawa Timur.

“Ijin genset ini diperlukan ketika ada perusahaan atau perseorangan yang memiliki mesin genset yang tentunya berada dibawah kapasitas 500 KVA atau dibawah 50 ribu Watt. Kami harap sektor-sektor yang notabene akrab dengan kepemilikan genset seperti nelayan dan pemilik tambak ternaungi legalitas dalam penggunaan genset tersebut,” jelas Isnu.

Lebih lanjut Isnu mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas kesadarannya mengurus perizinan genset ke DMPTSP dan mengharap kepada yang belum untuk segera mengurus. Jika tidak, akan ada sanksi tegas sesuai dengan aturan yang ada.

“Sebab itu selama tiga hari kedepan kami membuka pelayanan perijinan, termasuk izin genset di daerah Mayangan dan di kantor MPP Kabupaten Probolinggo. Nanti kita terbitkan ijinnya secara gratis dan tidak sulit kepengurusannya,” urai Isnu.

“Hal ini merupakan komitmen untuk mempermudah para pelaku pasar modern dalam melengkapi izin yang harus dimilikinya atau bahkan instansi-instansi pemerintahan yang belum memiliki Izin genset,” tandasnya. (dra)