Wednesday, October 27, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Kwarcab Pramuka Lakukan Gerakan Penghijauan Bumi Perkemahan Banjarsari

Kwarcab Pramuka Lakukan Gerakan Penghijauan Bumi Perkemahan Banjarsari

Reporter : Syamsul Akbar
SUMBERASIH – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo bekerja sama dengan Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur menggelar Gerakan Penghijauan Bumi Perkemahan Pramuka Banjarsari di Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih, Minggu (29/11/2020).

Gerakan Penghijauan Bumi Perkemahan Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo tahun 2020 ini melibatkan Pusdiklatcab Satria Guna, Dewan Kerja Cabang, Brigade Penolong (BP-1313) dan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Sumberasih.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Sekretaris Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur Adie Kurniawan, Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Sujono dan Didik S Wahjudi dan Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Edy Junaedi.

Dalam kesempatan tersebut terdapat 500 bibit pohon yang ditanam di sekitar Bumi Perkemahan Pramuka Banjasari Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih. Terdiri dari kayu asem Jawa, sirsat, gamelina, mahoni, cemara udang dan jambu gunung.

Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Edy Junaedi mengungkapkan gerakan pramuka adalah pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, sanggup bertanggung jawab dan mampu melestarikan lingkungan dan penghijauan bumi perkemahan dan bakti masyarakat.

“Dalam mencapai tujuannya, antara lain dalam upaya menanamkan dan menumbuhkan cinta alam dan bakti dengan cara memantapkan mental, moral, fisik, pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman melalui berbagai kegiatan,” ungkapnya.

Menurut Edy, kegiatan ini dimaksudkan sebagai salah satu sarana untuk mengembangkan kemampuan anggota pramuka di Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo, khususnya mengurangi pemanasan global, mengurangi resiko terjadinya berbagai bencana alam yang disebabkan oleh alam dan melestarikan lewat penghijauan bumi perkemahan.

“Tujuannya membina dan meningkatkan kemampuan anggota Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo dalam bidang penghijauan serta ikut serta pemerintah dan masyarakat dalam penghijauan upaya pengendalian dampak lingkungan hidup tidak dapat dilepaskan dari tindakan pengawasan dibidang lingkungan hidup,” tegasnya.

Sementara Wakil Sekretaris Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur Adie Kurniawan menyampaikan bahwa Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur terus berupaya agar dengan kegiatan penghijauan Bumi Perkemahan Pramuka ini bisa memanfaatkan kembali bumi perkemahan yang ada untuk dimanfaatkan dan dirawat kembali sebaik mungkin.

“Mudah-mudahan bumi perkemahan pramuka ini bisa dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin untuk kegiatan-kegiatan pramuka yang ada di Kabupaten Probolinggo. Sekaligus merawatnya dengan baik agar bisa terus bermanfaat untuk program pramuka Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Probolinggo,” katanya. (wan)