Tuesday, October 26, 2021
Depan > Pemerintahan > Kecamatan Kraksaan Raih Juara Umum MTQ ke-XXIX Tahun 2020

Kecamatan Kraksaan Raih Juara Umum MTQ ke-XXIX Tahun 2020

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Kecamatan Kraksaan berhasil meraih juara umum dalam perhetalan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXIX tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2020 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) serta Jami’atul Qurra Wal Hufadz (Jamqur) Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan.

Penyerahan Piala Bergilir Bupati Probolinggo kepada Kecamatan Kraksaan sebagai juara umum MTQ ke-XXIX tahun 2020 ini dilaksanakan pada penutupan MTQ ke-XXIX tahun 2020 di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Minggu (29/11/2020) malam.

Piala Bergilir Bupati Probolinggo ini diserahkan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo kepada Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Kraksaan selaku Ketua LPTQ Kecamatan Kraksaan Yasin didampingi Ketua Jamqur Kecamatan Kraksaan.

Turut mendampingi dalam kesempatan tersebut Kabag Kesra Setda Kabupaten Probolinggo Didik Abdul Rohim, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo Akhmad Sruji Bahtiar serta Ketua Panitia MTQ ke-XXIX Tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2020 Ustad M. Syafi’i Zein.

Pelaksanaan MTQ ke-XXIX tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2020 ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat mulai dari wajib memakai masker, sering cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir atau handsanitizer serta menjaga jarak aman.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Probolinggo Didik Abdul Rohim mengungkapkan jumlah peserta MTQ ke-XXIX tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2020 sebanyak 422 orang yang terbagi dalam 5 cabang lomba dengan 28 golongan.

“Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Bupati Probolinggo (Auditorium Madakaripura, Lantai 1 dan ruang pertemuan Tengger), Kantor PCNU Kota Kraksaan serta gedung MINU Kota Kraksaan,” ungkapnya.

Menurut Didik, MTQ ini bukan hanya sekedar mencari juara, pemenang serta banyaknya perolehan piala, tetapi bagaimana supaya putra putri asli Kabupaten Probolinggo bisa membanggakan Kabupaten Probolinggo.

“Bagi juara MTQ kali ini nantinya akan dibina oleh LPTQ Kabupaten Probolinggo untuk dipersiapkan sebagai kafilah dalam MTQ ke-XXIX tingkat Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Pamekasan,” tegasnya.

Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo menyampaikan selamat dan sukses atas terselenggaranya MTQ ke-XXIX tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2020. Kesuksesan ini tidak terlepas dari kerja keras semua pihak mulai dari panitia serta para pengurus LPTQ dan Jamqur yang ada di masing-masing kecamatan.

“Terima kasih atas kerja keras yang luar biasa dari semua panitia serta pengurus LPTQ dan Jamqur yang ada di masing-masing kecamatan sehingga pelaksanaan MTQ ke-XXIX ini berlangsung sukses,” katanya.

Menurut Tutug, inilah suasana kebatinan yang sudah terbangun bersama-sama dengan harapan apa yang sudah bagus akan ditingkatkan supaya bisa lebih bagus lagi di tahun mendatang. “Mudah-mudahan pada MTQ ke-XXIX tingkat Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Pamekasan, kafilah Kabupaten Probolinggo mampu meraih hasil yang membanggakan,” harapnya.

Tutug menambahkan sebuah harapan supaya setelah selesai MTQ ini ada pelajaran berharga agar tetap diikhtiarkan bersama berupa kegiatan produktif dan aman di masa pandemi Covid-19. Selama pelaksanaan MTQ ke-XXIX ini semua sudah menikmati bagaimana suasana kebatinan protokol kesehatan yang sudah dijalankan sehari-hari.

“Hari ini peningkatan kasus Covid-19 luar biasa. Orang yang terpapar Covid-19 sudah mencapai 1600, artinya kasusnya terus meningkat. Oleh karena itu kami berharap semua peserta ini bisa menjadi patriot-patriot sehat yang menginspirasi di keluarga dan masyarakat masing-masing bahwa protokol kesehatan merupakan upaya yang sangat baik sebelum vaksin digunakan,” pungkasnya.

Penutupan MTQ ke-XXIX tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2020 ini ditandai dengan penyerahan hadiah berupa piala, piagam dan uang pembinaan kepada para juara 1, 2 dan 3 MTQ ke-XXIX tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2020.

Yakni, Cabang Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Golongan Tartil putra/putri, Golongan Tilawah Anak-anak putra dan putri, Golongan Tilawah Remaja putra/putrid an Golongan Tilawah Dewasa putra/putri. Cabang Musabaqoh Hifzdil Qur’an (MHQ) Golongan 1 Juz Tilawah putra/putri, Golongan 5 Juz Tilawah putra/putri, Golongan 10 Juz putra/putri dan Golongan 20 Juz putra/putri.

Selanjutnya, Cabang Musabaqoh Khottil Qur’an (MKQ) Golongan Naskah putra/putri, Golongan Hiasan Mushaf putra/putri, Golongan Dekorasi putra/putri dan Golongan Kontemporer putra/putri. Kemudian Cabang Musabaqoh Sahril Qur’an (MSQ) Golongan Beregu putra/putri serta Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ) Golongan Beregu. (wan)