Monday, April 22, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Kwarcab Pramuka Gelar Peran Saka Cabang Probolinggo 2022

Kwarcab Pramuka Gelar Peran Saka Cabang Probolinggo 2022

Reporter : Syamsul Akbar
PAKUNIRAN – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo melalui Dewan Kerja Cabang (DKC) menggelar Peran Saka Cabang Probolinggo 2022 di Lapangan Desa Sogaan Kecamatan Pakuniran, Jum’at hingga Minggu (23-25/12/2022).

Peran Saka Cabang Probolinggo 2022 in mengusung konsep “Green Camp” yaitu kegiatan perkemahan di alam terbuka dengan menyongsong tema “Peran Pramuka Wujudkan Aksi
Nyata”.

Sabtu (24/12/2022) malam dilaksanakan pentas seni dan pengukuhan pengurus Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Pakuniran sebagai rangkaian dari kegiatan Peran Saka Cabang Probolinggo 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Kak Drs HA Timbul Prihanjoko selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo, anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Supoyo, perwakilan OPD selaku Majelis Pembimbing Saka (Mabisaka), Pamong Saka serta pengurus Kwarcab dan DKC Gerakan Pramuka Probolinggo.

Pentas seni ini diawali dengan penampilan Tari Kreasi Indonesia Baru oleh siswa dari SDN Pakuniran 1 Kecamatan Pakuniran. Pembukaan Peran Saka Cabang Probolinggo 2022 ditandai dengan pemukulan gong oleh Kak Timbul dan penancapan kapak pusaka oleh Ketua DKC Gerakan Pramuka Probolinggo Sulastri.

Kegiatan ini diikuti oleh 370 orang peserta terdiri dari 144 orang dari 12 Satuan Karya, 24 orang pendamping, 58 orang panitia, 35 orang undangan, 48 orang contingen support team dan 60 orang anjungan saka.

Ketua DKC Gerakan Pramuka Probolinggo Sulastri menyampaikan kegiatan ini dimaksudkan untuk memaksimalkan kompetensi generasi muda baik intelektual spiritual dan sosial, melalui pengembangan soffskill dan hardskill yang dikemas dalam kegiatan edukatif sekaligus rekreatif bagi generasi muda muda khususnya anggota pramuka yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Kak Drs HA Timbul Prihanjoko selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo mengatakan peran saka adalah perkemahanan antar satuan karya pramuka sebagai ajang pertemuan pramuka penegak dan pramuka pandega yang menjadi anggota satuan karya pramuka (saka) Probolinggo untuk mempererat tali persaudaraan dalam berbagai aktivitas yang inovatif, kreatif, edukatif, rekreatif dan produktif.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan rasa tanggungjawab dan rasa cinta tanah air, memperkuat tali persaudaraan dan ikut serta mengembangkan jati diri bangsa. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menciptakan kemampuan ganda yang di miliki oleh anggota pramuka,” katanya.

Kak Timbul mengharapkan para peserta peran saka mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, tidak meninggalkan kegembiraan dan kreatifitas. Gunakanlah waktu sebaik-baiknya dalam mengikuti semua kegiatan, istirahatlah pada saat yang ditentukan.

“Jaga kesehatan dan keamanan masing-masing anggota. Untuk panitia saya berpesan agar melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan dengan rasa tanggungjawab,” pungkasnya. (wan)