Sunday, September 26, 2021
Depan > Informasi Layak Anak > Kwarcab Pramuka Bahas Kegiatan 2000 Vaksinasi Bagi Anggota Pramuka

Kwarcab Pramuka Bahas Kegiatan 2000 Vaksinasi Bagi Anggota Pramuka

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo mendapatkan alokasi 2000 dosis vaksin untuk mendukung 60.000 vaksinasi dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-60 tahun 2021 yang digelar oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur.

Rencananya, pelaksanaan program 2000 vaksinasi ini akan dipusatkan bagi anggota pramuka di wilayah Kecamatan Dringu dan Leces. Untuk pencanangannya akan dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa secara virtual pada Jum’at (13/8/2021) pagi. Untuk Kabupaten Probolinggo akan mengikuti dari halaman SDN Kedungdalem 2 Kecamatan Dringu.

Sebagai persiapan dari program tersebut, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo menggelar rapat koordinasi di ruang pertemuan Rumah Dinas Wakil Bupati Probolinggo, Senin (9/8/2021) siang.

Kegiatan yang dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. Shodiq Tjahjono, Kepala Dinas Pendidikan Fathur Rozi, Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Yulius Christian, Cabang Dinas Pendidikan Probolinggo, perwakilan TNI/Polri serta jajaran Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengatakan kegiatan vaksinasi ini bertujuan memberikan daya imun bagi anggota pramuka, menambah jumlah masyarakat yang telah divaksin serta memberikan kepedulian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Dalam rangka Hari Pramuka, Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo mendapatkan amanah vaksin dengan jatah 2000 dosis. Sasarannya adalah anak-anak pramuka yang ada di Kabupaten Probolinggo. Hari ini saya ingin tahu kesiapan dari program 2000 vaksin ini,” katanya.

Meskipun sasarannya adalah siswa dan anggota pramuka, Kak Timbul mengharapkan agar dalam pelaksanaannya bisa menyamakan frekuensi yang sudah dijalankan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo.

“Paling nantinya tidak ada tumpang tindih sasaran. Untuk data sasarannya bisa melibatkan Dinas Pendidikan, sementara Dinas Kesehatan menyiapkan petugas dan sarana prasarananya. Untuk teknisnya nanti pramuka yang akan bergerak,” jelasnya.

Lebih lanjut Kak Timbul menegaskan bahwa program 2000 vaksinasi bagi anggota pramuka ini diharapkan bisa mempercepat proses vaksinasi di Kabupaten Probolinggo, tetapi harus sejalan dengan kebijakan dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

“Tolong dipersiapkan semaksimal mungkin agar pelaksanaan vaksinasi ini bisa berjalan dengan baik, namun tetap dengan protokol kesehatan secara ketat supaya tidak berkerumun,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono menyampaikan secara umum pihaknya siap untuk membantu dan mendukung suksesnya pelaksanaan vaksinasi bagi anggota pramuka. Tetapi d atanya harus masuk akun Dinas Kesehatan agar hasilnya membantu capaian vaksinasi di Kabupaten Probolinggo.

“Intinya petugas kami siap untuk melaksanakan vaksinasi dengan catatan tidak ada kerumunan. Karena kami tidak ingin dari kegiatan yang sangat bagus ini nanti ada kluster pramuka,” ujarnya.

Oleh karena itulah Shodiq meminta agar segera dikirimkan data by name dan by adress agar bisa segera dilakukan pendataan oleh petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo. “Mau dijadikan berapa haripun kami akan menyesuaikan. Tetapi harus ada jaminan protokol kesehatan dan tidak berkerumun,” tegasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi mengungkapkan bahwa pihaknya siap mendukung dengan menyiapkan calon sasaran siswa SMP dan SMA.

“Kami akan segera menyurati lembaga sekolah agar menyiapkan anak didiknya sebagai sasaran vaksin program dari Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo. Tentunya dengan menyiapkan foto copy identitas dan nomor HP aktif,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemaparan terkait program vaksinasi 60000 dosis dari Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur oleh Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Edy Junaedi. (wan)