Sunday, September 26, 2021
Depan > Kesehatan > Tangani Covid-19, Kades Harus Ajak Masyarakat Patuh Protokol Kesehatan 5M

Tangani Covid-19, Kades Harus Ajak Masyarakat Patuh Protokol Kesehatan 5M

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pandemi Covid-19 ini adalah satu permasalahan besar yang akibatnya multi dimensi dan multi sektoral. Tidak hanya kesehatan tetapi juga menghantam permasalahan ekonomi dan sosial masyarakat. Hal ini harus dijaga betul agar tidak terjadi pada permasalahan politik.

Hal tersebut disampaikan Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE usai melantik dan mengambil sumpah/janji kepala desa terpilih di Pendopo Prasadja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo, Senin (9/8/2021).

“Setelah dilantik dan diambil sumpahnya, Kepala Desa secara otomatis menjadi Ketua Satgas Penanganan Covid-19 level desa. Kuncinya satu libatkan dan ajak bersama seluruh elemen masyarakat desa untuk bagaimana patuh dan disiplin protokol kesehatan 5M mulai dari memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta vaksinasi,” katanya.

Menurut Bupati Tantri, saat ini Pemerintah Daerah sedang terus berupaya memaksimalkan capaian vaksinasi masyarakat Kabupaten Probolinggo. Dimana capaiannya masih mencapai 24% dari target 70%. Oleh karena itu, kepala desa selain memperkuat upaya 5M harus sering koordinasi dan bekerja sama untuk mensukseskan program vaksinasi di desa.

“Saya telah memerintahkan kepada seluruh kepala puskesmas diback up oleh Camat serta TNI/Polri untuk memberikan pelayanan kepada desa dan masyarakat dengan menghadirkan pelayanan di level desa sehingga akses masyarakat dekat sehingga proses vaksinasi berjalan lebih lancar,” jelasnya.

Bupati Tantri menegaskan tentu program vaksinasi ini menjadi kewajiban bersama, khususnya di level-level kecamatan untuk memback up tenaga kesehatan agar proses promotif dan edukasi kepada masyarakat tidak dibebankan kepada tenaga kesehatan.

“Kepala desa harus membantu memberikan edukasi kepada masyarakat diback up Camat dan Forkopimka sehingga program vaksinasi ini menjadi tameng untuk mewujudkan masyarakat yang sehat lahir dan batin,” pungkasnya. (wan)