Depan > Kemasyarakatan > KUB Maha Jaya Resmi Dibentuk dan Dikukuhkan

KUB Maha Jaya Resmi Dibentuk dan Dikukuhkan

Reporter : Syamsul Akbar
MARON – Dewan Kelompok dan Pengelola Kelompok Usaha Bersama (KUB) Maha Jaya di Desa Brabe Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo resmi dibentuk dan dikukuhkan oleh Kepala Desa Brabe Sunardi, Rabu (10/11/2021).

Pembentukan dan pengukuhan KUB Maha Jaya yang bertepatan dengan momentum peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 ini dihadiri oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo Yahyadi, Camat Maron Mudjito dan Forkopimka Maron.

KUB Maha Jaya yang bergerak di bidang usaha peternakan kambing, domba dan sapi ini memiliki anggota 50 orang yang merupakan generasi milenial dari Kecamatan Maron dan kecamatan lain di Kabupaten Probolinggo. Pembentukan dan pengukuhan ini ditandai dengan penandatangan berita acara.

Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Yahyadi mengatakan, pembentukan dan pengukuhan KUB Maha Jaya tersebut merupakan langkah awal dalam menjual dan mengembangkan produk, khususnya dari hasil peternakan. “KUB Maha Jaya ini bergerak dibidang peternakan, khususnya hewan ternak, kambing, domba dan sapi,” katanya.

Menurut Yahyadi, pembentukan KUB Maha Jaya ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri karena anggotanya adalah kaum milenial yang sangat antusias sekali untuk mengangkat taraf kehidupannya kelak ke depan.

“Saya merasa bangga dengan terbentuknya KUB Maha Jaya ini. Mari ke depan bersama-sama menurunkan angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Probolinggo melalui adik-adik milenial yang berkiprah di bidang peternakan,” jelasnya.

Yahyadi menerangkan usaha peternakan yang dilakukan oleh KUB Maha Jaya ini sangat menjanjikan sekali untuk menurunkan angka kemiskinan. Dimana usaha yang dilakukan oleh KUB Maha Jaya sudah bergerak di bisnis mulai dari hulu ke hilir dalam hal bidang peternakan.

“Alhamdulillah, KUB Maha Jaya ini telah membentuk kelompok dan pengelola secara lengkap. Mulai dari penasehat, dewan kelompok hingga manajer. Saya sebagai pimpinan merasa bangga dan semoga apa yang direncanakan oleh adik-adik milenial ini bisa terlaksana dengan baik,” terangnya.

Lebih lanjut Yahyadi menjelaskan bahwa dalam waktu dekat KUB Maha Jaya akan mengikuti kontes ternak kambing di Ponorogo. Ke depan di tahun 2022 sudah mempunyai planning akan mengadakan kontes ternak kambing.

“Kalau saya lihat, adik-adik ini bukan hanya menjual dagingnya, tetapi juga menjual postur dari kambing tersebut. Jika saya amati, nilai tawar dari kambing yang sudah mendapatkan juara itu melebihi dari kambing yang biasa. Misalnya kambing biasa sudah terbuai dengan kambing yang masuk nominasi, maka itu harganya akan lain dengan kambing-kambing biasa. Jadi nilai tawarnya memang menjanjikan,” tegasnya.

Yahyadi menambahkan selain menjual langsung hasil ternak dan dagingnya, selama ini dalam menjalankan usahanya kaum milenial yang ada di KUB Maha Jaya ini sudah memanfaatkan sistem online. Bahkan hasil peternakannya sudah terjual luas dari berbagai daerah di Indonesia.

“Kita percaya dengan adanya penjualan dengan sistem digital ini, kita akan mampu mempromosikan dan menjual hasil ternaknya dalam rangka untuk mengangkat perekonomian. Terima kasih atas kebersamaan dan inovasinya yang diberikan kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)