Depan > Kemasyarakatan > KPRI Prastiwi Gelar RAT Tahun Buku 2021

KPRI Prastiwi Gelar RAT Tahun Buku 2021

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – KPRI Prastiwi Kabupaten Probolinggo menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2021, Sabtu (15/1/2022) di aula KPRI Prastiwi Kabupaten Probolinggo. RAT ini dibuka secara resmi oleh Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko

Kegiatan yang diikuti oleh pengurus, pengawas dan anggota KPRI Prastiwi Kabupaten Probolinggo ini dihadiri oleh Ketua KPRI Prastiwi Kabupaten Probolinggo Rachmad Hidayanto, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto, Ketua Dekopinda Kabupaten Probolinggo Joko Rohani Sanjaya serta Sekretaris PKPRI Kabupaten/Kota Probolinggo H. Sholeh.

Ketua KPRI Prastiwi Kabupaten Probolinggo Rachmad Hidayanto mengungkapkan KPRI Prastiwi ini milik semua ASN yang ada di Kabupaten Probolinggo. “Kami selaku pengurus hanya menjalankan amanah dari anggota dan hari ini kami mempertanggungjawabkan apa yang kami lakukan selama ini kepada anggota,” ungkapnya.

Rachmad menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Plt Bupati Probolinggo untuk bisa memberikan motivasi dan support kepada segenap pengurus, pengawas dan anggota KPRI Prastiwi untuk terus mau mengembangkan dan ikut andil secara aktif membesarkan KPRI Prastiwi Kabupaten Probolinggo.

Sementara Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengatakan rapat anggota koperasi adalah keputusan tertinggi dalam koperasi dan pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) koperasi merupakan wujud demokrasi, transparansi dan akuntabilitas dalam koperasi. Anggota berperan ganda dalam koperasi sebagai pemilik dan pengguna jasa koperasi sebagaimana komitmen koperasi dari, oleh dan untuk anggota.

“Untuk itu, hari ini adalah momentum bagi anggota koperasi menerima laporan pertanggungjawaban pengurus atas mandatory anggota untuk mengelola koperasi selama tahun 2021. Koperasi yang inovatif, adaptif dan kekinian akan terus mampu mewarnai dan mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah badai ekonomi globalisasi dan pandemi Covid-19 serta menjadi pemenang di era ekonomi kompetitif revolusi industri 4.0,” katanya.

Menurut Plt Bupati Timbul, saat ini kita tengah berada pada era dimana digitalisasi dan Artifical Intellegence (Ai) mewarnai kehidupan industri yang merembet pada perilaku keseharian masyarakat. Disadari benar bahwa koperasi harus memiliki kesiapan dan bekal sumber daya yang handal didasari oleh tekad untuk siap berubah dalam menyikapi tantangan kekinian.

“Sudah saatnya koperasi melaksanakan tranformasi bisnis, menjadi entitas bisnis modern berbasis digital. Semangat dan proses transformasi digital koperasi, tidak cukup go digital dengan pemanfaatan maksimal platform-platform digital semata, namun harus diiringi dengan proses upgrading quality dan dapat benar-benar menjadi bagian dari digital itu sendiri atau bedigital,” tegasnya.

Terpisah Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto menyampaikan RAT adalah pertanggungjawaban pengurus dan pengawas terhadap pelaksanaan tata kelola koperasiselama 1 (satu)tahun buku kepada anggota yang merupakan pemilik koperasi dan pengurus adalah pengelola dan pelaksana amanah (mandatory) anggota.

“Agenda hari ini adalah anggota mengevaluasi hasil kinerja pengurus dari perencanaan yang sudah ditetapkan dalam rencana kerja. Gerakan koperasi Kabupaten Probolinggo patut berbahagia dan berbangga atas perhatian dan keberpihakan Pemerintah Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Anung menegaskan kehadiran Plt Bupati Probolinggo ini merupakan wujud nyata personal garansi Pemerintah Kabupaten Probolinggo kepada gerakan koperasi. “Untuk itu saat ini gerakan koperasi harus benar-benar out off the box (keluar dari kebiasaan), adaptif terhadap perubahan dan terus meningkatkan ketangguhan di tengah pandemi dan terus memperkuat daya saing di tengah persaingan global revolusi industri 4.0,” pungkasnya. (wan)

https://probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2019/01/slotmaxwin/ https://bali.bawaslu.go.id/assets/artikel/slotgacormaxwin/ https://slot.papuabaratprov.go.id https://www.rtpharmoni.id/ slot pulsa slot slot online slot88