Wednesday, October 27, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Bendera Merah Putih Raksasa Membentang di Delta Pantai Duta

Bendera Merah Putih Raksasa Membentang di Delta Pantai Duta

Reporter : Hendra Trisianto
PAITON – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo kembali menyelenggarakan kegiatan teatrikal pembentangan bendera merah putih raksasa berukuran 30 X 6 meter di kawasan destinasi wisata.

Jika pada tahun sebelumnya lokasi pembentangan diadakan di kawasan wisata Air Terjun Kalipedati Kecamatan Krucil, kali ini Jum’at (7/8/2020) sore, kegiatan selebrasi tersebut dilaksanakan di kawasan wisata Pantai Duta Desa Randutatah Kecamatan Paiton. Tepatnya di delta muara sungai di ujung barat Pantai Duta.

Kegiatan yang selalu melibatkan masyarakat sekitar tersebut, kali ini juga menarik perhatian Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE sekaligus Wakil Bupati Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko untuk ikut terlibat dalam proses pembentangan bendera merah putih berukuran raksasa tersebut.

Selebrasi untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 75 kali ini diawali dengan kegiatan gowes bersama komunitas sepeda lipat Probolinggo (Prospet) dengan mengambil titik start dari Candi Jabung. Dengan tema “Gowes Merah Putih”, seluruh sepeda saat itu berhiaskan bendera merah putih dengan kostum peserta bernuansa atribut merah putih.

Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE sangat mengapresiasi inisiatif kegiatan tahunan tersebut. Menurutnya, kegiatan selebrasi pembentangan bendera merah putih bersama masyarakat ini merupakan bagian rasa syukur atas anugerah kemerdekaan.

“Tentu melalui kegiatan ini kami juga ingin menyisipkan kampanye untuk kembali berwisata di daerah sendiri guna meramaikan dan menghormat para pelaku wisata, sekaligus juga untuk merefresh sejenak pikiran,” ungkap Bupati Tantri.

“Saya pikir setelah sekian bulan adanya pandemi COVID-19 ini pasti orang-orang jenuh. Pesan kami meskipun dalam suasana rekreasi dan piknik, tetap harus megedepankan protokol kesehatan dan diupayakan agar diikuti oleh orang-orang selektif dan terbatas sehingga penerapan protokol kesehatan bisa maksimal,” terangnya.

Sementara Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian menjelaskan kegiatan selebrasi kali ini bertujuan selain mensinkronkan bersama Pokdarwis dan penggiat wisata terkait rencana pembukaan destinasi wisata, juga untuk memeriahkan rangkaian HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Jika tahun kemarin kita melakukan pembentangan di kawasan pegunungan pada pagi hari, tahun ini kami bersama masyarakat Dusun Gilin Desa Randutatah melakukan pembentangan bendera di delta Pantai Duta dengan latar panorama senja,” tandasnya. (dra)