Saturday, April 13, 2024
Depan > Kemasyarakatan > KONI Gelar Raker dan Bimtek Laporan Pengelolaan Keuangan

KONI Gelar Raker dan Bimtek Laporan Pengelolaan Keuangan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat kerja (raker) tahun 2023 dan bimbingan teknis (bimtek) laporan pengelolaan keuangan di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Sabtu (25/2/2023).

Kegiatan yang diikuti oleh 178 peserta ini dihadiri oleh Plt Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo dr Mansur, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Probolinggo Santiyono, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto dan Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Zainul Hasan.

Dalam kesempatan tersebut, KONI mengesahkan 4 (empat) cabang olahraga (cabor) baru di Kabupaten Probolinggo. Yakni, E-Sport Indonesia (ESI), Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi), Woodball dan Indonesia Beladiri Campuran Amatir Mixed Martial Art (IBCA MMA).

Raker dan bimtek laporan pengelolaan keuangan ini juga diisi dengan penyerahan piagam penghargaan dari KONI Kabupaten Probolinggo untuk Wakil Bupati Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko sebagai Tokoh Penggerak Olahraga Kabupaten Probolinggo.

Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Zainul Hasan mengungkapkan rapat kerja tahun 2023 ini bertujuan untuk menyamakan visi misi antara KONI dengan cabor binaan. Tidak kalah pentingnya akan menyamakan program kerja KONI dengan cabor sehingga tujuan olahraga di Kabupaten Probolinggo akan tercapai. Yaitu mencapai prestasi setinggi-tingginya.

“Tantangan terdekat adalah Porprov Jatim tahun 2023. Ini merupakan target prioritas di tahun ini. KONI dan semua cabor wajib hukumnya untuk fokus pada Porprov tahun ini. Jika Porprov dilaksanakan bulan Juli, praktis persiapan tinggal 4 bulan saja. Belum lagi dipotong bulan Ramadhan. Prestasi yang sudah diraih lebih ditingkatkan lagi. Kekurangan yang ada jadikan motivasi untuk berbenah demi peningkatan prestasi,” ungkapnya.

Zainul menegaskan tidak kalah penting di era saat ini perkembangan olahraga tidak lepas dari pemanfaatan sport science. “Jadi kita semua harus peka dan bisa memanfaat hal tersebut. Kemapuan atlit saat ini bisa diukur dengan mengutamakan data-data. Insya Allah kami akan segera bekerjasama dengan Unesa dalam mempersiapkan Porprov 2023,” terangnya.

Menurut Zainul, pada tahun 2024 direncanakan pelaksanaan Porkab akan diselenggarakan antar lembaga (SMA/SMK/MA negeri/swasta) dan (SMP/MTs negeri dan swasta). Yang mana harapannya dapat merangsang lahirnya atlit-atlit baru dan menumbuhkan minat lembaga untuk membina cabang olahraga.

“Di tahun 2025 ada kemungkinan Kabupaten Probolinggo akan menjadi tuan rumah bersama Kota Probolinggo serta Kabupaten dan Kota Pasuruan. Semua harus sudah dipersiapkan dari sekarang. Mulai dari SDM pelatih, atlit serta komponen yang lain termasuk sarana dan prasarana. Terutama support pemerintah daerah sangat kami harapkan,” tegasnya.

Sementara Plt Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo dr Mansur mengatakan KONI mempunyai tujuan mewujudkan prestasi olahraga yang membanggakan, membangun watak, mengangkat harkat dan martabat kehormatan bangsa dalam rangka ikut serta mempererat, membina persatuan dan kesatuan bangsa, serta memperkokoh ketahanan nasional.

“KONI diharapkan dapat terus mendorong gairah masyarakat untuk berolahraga, karena membangun prestasi olahraga tidak dapat dilakukan secara instan, tapi harus ditata secara sistematis, termasuk menata dan mengembangkan organisasinya bersama seluruh Pengkab Cabang Olahraga untuk memberikan kontribusi pada peningkatan prestasi olahraga Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Mansur menyampaikan selamat dan apresiasi atas dilaksanakannya rapat kerja KONI Kabupaten Probolinggo tahun 2023 dan bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan keuangan tahun 2023.

“Saya harap rapat kerja ini menjadi forum untuk berdiskusi, menyampaikan saran dan masukan yang konstruktif dalam rangka pembinaan olahraga Kabupaten Probolinggo. Semoga melalui rapat kerja ini muncul inovasi-inovasi baru yang dapat mendukung upaya peningkatan prestasi olahraga Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Dengan dilaksanakannya bimbingan teknis pengelolaan keuangan terang Mansur, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan profesionalitas sumberdaya pengurus sehingga pengelolaan keuangan KONI Kabupaten Probolinggo semakin profesional dan akuntabel.

“Mari kita bersinergi memajukan dan membangun KONI Kabupaten Probolinggo, lakukan pembinaan yang baik dan berkelanjutan kepada atlit agar dapat meningkatkan prestasi, baik bagi atlit maupun bagi Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)