Tuesday, February 27, 2024
Depan > Kemasyarakatan > KONI Berikan Sosialisasi Penyelenggaraan Porkab Probolinggo 2024

KONI Berikan Sosialisasi Penyelenggaraan Porkab Probolinggo 2024

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Probolinggo tahun 2024 di aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo, Rabu (15/11/2023).

Kegiatan yang dipimpin oleh Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Zainul Hasan didampingi pengurus KONI Kabupaten Probolinggo, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Probolinggo dan Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo ini diikuti oleh para Kepala SMA/SMK/MA negeri/swasta se-Kabupaten Probolinggo.

Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Zainul Hasan mengatakan Porkab Probolinggo tahun 2024 bertujuan untuk meningkatkan prestasi olahraga dan menjaring bibit atlit potensial di Kabupaten Probolinggo.

“Selain itu, memaksimalkan lembaga pendidikan sebagai sumber dan pusat mencetak atlet prestasi, memberdayakan peran serta masyarakat dalam berbagai sektor serta memperkuat persatuan dan kesatuan,” katanya.

Menurut Zainul, seluruh kegiatan/penyelenggaraan pertandingan Porkab Probolinggo ditempatkan di Kota Kraksaan dan sekitarnya. Sedangkan jadwal pertandingan menyusul. “Waktu pelaksanaan kegiatan Porkab Probolinggo tahun 2024 dilakukan pada bulan Mei hingga Juni 2024 mendatang,” jelasnya.

Zainul menjelaskan atlit peserta Porkab Probolinggo tahun 2024 harus terdaftar sebagai siswa lembaga pendidikan tersebut yang dibuktikan dokumen dari lembaga. “Boleh menggunakan siswa dari lembaga lain dengan syarat ada surat rekomendasi dari lembaga asal yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah,” terangnya.

Lebih lanjut Zainul menerangkan bahwa PB Porkab menyelenggarakan pertandingan/perlombaan cabang olahraga (cabor) wajib diantaranya atletik, bulutangkis, catur, e-sport dan futsal. “Jumlah cabor yang dipertandingkan/dilombakan pada Porkab berdasarkan hasil angket usulan cabor dari peserta lembaga pendidikan SMA/SMK/MA negeri dan swasta se Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Berdasarkan hasil angket usulan cabor, ada 29 cabor meliputi atletik, bulutangkis, catur, e-sport dan futsal. Kelima cabor ini merupakan cabor wajib. Selanjutnya ada cabor pencak silat, tenis meja, sepak takraw, panahan, renang kolam, bola tangan, bola voli indoor, bola basket, tenis lapangan, karate, taekwondo, muaythai, kick boxing, IBCA MMA, anggar, tinju, tarung derajat, woodball, petanque, wushu, panjat tebing, drumband, binaraga dan hokey. Alamat link angket usulan cabang olahraga ada di http://gg.gg/angket_cabor_PORKAB_2024. (wan)