Tuesday, October 19, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Disporaparbud Berikan Pembinaan Pokdarwis dan Gerakan Bersih-Bersih Destinasi Wisata

Disporaparbud Berikan Pembinaan Pokdarwis dan Gerakan Bersih-Bersih Destinasi Wisata

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Saat ini Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo gencar memberikan pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan gerakan bersih-bersih di destinasi wisata.

Selain memberikan pembinaan terhadap Pokdarwis, juga dilakukan kegiatan bersih-bersih di destinasi wisata. Untuk mendukung kegiatan tersebut, Disporaparbud menyerahkan alat kebersihan sebanyak 40 paket untuk dimanfaatkan Pokdarwis ke daerah masing-masing. Setiap paketnya terdiri dari tempat sampah, sapu lidi dan cikrak.

Kasi Destinasi Pariwisata Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Musa mengungkapkan pembinaan Pokdarwis dan gerakan bersih-bersih destinasi wisata ini bertujuan meningkatkan peran serta Pokdarwis dalam mengembangkan potensi wisata di daerah.

“Disamping juga sebagai forum silaturahim antar Pokdarwis se-Kabupaten Probolinggo untuk menyatukan persepsi demi kemajuan Pokdarwis Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Sementara Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto mengatakan Pokdarwis adalah kelembagaan di tingkat masyarakat yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak dalam mendukung terciptanya iklim kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan serta terwujudnya Sapta Pesona.

“Yakni aman, tertib, indah, bersih, indah, ramah tamah dan kenangan dalam meningkatkan pembangunan daerah melalui kepariwisataan dan manfaatnya bagi kesejahteraan masyarakat sekitar dari sektor pariwisata,” katanya.

Sugeng mengharapkan dukungan dan peran serta Pokdarwis dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan Pokdarwis terhadap posisi, peran dan kedudukannya dalam konteks pembangunan kepariwisataan di daerah serta meningkatkan kapasitas dan peran aktif Pokdarwis dalam pembangunan di daerahnya disektor pariwisata.

“Khususnya mengembangkan potensi wisata yang ada di daerah secara inovatif dalam mewujudkan sadar wisata dan Sapta Pesona dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan kegiatan kepariwisataan di daerah masing-masing Pokdarwis,” jelasnya.

Melalui kegiatan bersih-bersih destinasi wisata oleh Pokdarwis ini Sugeng berharap semua anggota Pokdarwis bersama-sama dengan masyarakat di sekitar destinasi wisata untuk mengimplementasikan kegiatan bersih-bersih di daerah potensi wisata yang dikelola oleh Pokdarwis sehingga dapat terwujud suatu destinasi wisata BISA. “Yakni Bersih, Indah, Sehat dan Aman,” pungkasnya. (wan)