Monday, May 10, 2021
Depan > Kesehatan > Arumi Bachsin Monitoring Kegiatan Posyandu Balita Desa Sumurdalam

Arumi Bachsin Monitoring Kegiatan Posyandu Balita Desa Sumurdalam

Reporter : Mujiono
BESUK – Dalam rangka melihat dari dekat kegiatan Bulan Timbang Februari 2021 di Kabupaten Probolinggo, Ketua TP. PKK Provinsi Jawa Timur Ny. Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak melakukan monitoring kegiatan posyandu balita di halaman rumah Ny. Jumiati, salah satu Kader Posyandu Anggrek di Dusun Gentengan, Desa Sumurdalam Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo, Rabu (24/2/2021).

Kedatangan istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak bersama sejumlah pengurus TP. PKK Provinsi Jawa Timur ini disambut oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Ketua TP. PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko beserta pengurus, Camat Besuk Puja Kurniawan beserta Ketua TP. PKK Kecamatan Besuk Ny. Wiwin Puja Kurniawan.

Kegiatan Bulan Timbang merupakan sebuah momentum penting partisipasi masyarakat untuk meningkatkan kesehatan balita. Melalui program posyandu balita dapat memantau pertumbuhan dan perkembangan anak diantaranya mengatasi adanya kekurangan gizi balita yang menyebabkan meningkatnya risiko stunting, terganggunya pertumbuhan fisik, perkembangan mental dan kecerdasan anak.

Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan pada situasi pandemi Covid-19 yang menjadi permasalahan global, gerakan posyandu balita di Kabupaten Probolinggo tetap terlaksana dengan mematuhi protokol kesehatan. Dampak pandemi Covid-19 dapat dirasakan oleh semua lini termasuk tingkat kehadiran masyarakat melaksanakan posyandu.

“Tingkat kehadiran balita untuk posyandu di Kabupaten Probolinggo di saat sebelum pandemi Covid-19 sebanyak 87% atau 75.737 balita dari 86.225 balita. Pada saat situasi pandemi Covid-19 tahun 2020, tingkat kehadiran ke Posyandu Balita mengalami penurunan menjadi 76,37% atau 66.085 balita. Untuk prevalensi stunting mencapai 16,37% di tahun 2019 dan tahun 2020 menjadi 16,14 % dan mengalami penurunan 0,23 %,” katanya.

Untuk di Kecamatan Besuk jelas Wabup Timbul, tingkat kehadiran posyandu balita di tahun 2019 mencapai 86,64% dan tahun 2020 kehadiran posyandu balita 87,01%. Hal ini menandakan bahwa dalam situasi pandemi Covid-19 tidak mempengaruhi tingkat kehadiran balita untuk berposyandu. Sedangkan prevalensi stunting di tahun 2019 mencapai 20,8% menjadi 22,19% di tahun 2020 yang artinya prevalensi stunting mengalami peningkatan 2,11%.

“Di Desa Sumurdalam, tingkat kehadiran posyandu balita pada tahun 2019 sebesar 76,2% dan tahun 2020 kehadiran posyandu balita mencapai 71,4%. Artinya tingkat kehadiran posyandu balita mengalami penurunan 4,8 % ditahun 2020. Prevalensi stunting tahun 2019 mencapai 6,25 % dan tahun 2020 mencapai 12,42% atau mengalami kenaikan 6,17% di tahun 2020,” jelasnya.

Sementara Ketua TP. PKK Provinsi Jawa Timur Ny. Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak menjelaskan posyandu balita sebagai upaya masyarakat dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Adanya kekurangan gizi pada balita akan menyebabkan meningkatnya risiko stunting yang berdampak terganggunya pertumbuhan fisik, perkembangan mental dan kecerdasan hingga risiko meninggal.

“Apabila balitanya tidak ke posyandu dalam bulan ini, harus dilakukan sweeping yaitu melakukan pengukuran tinggi badan dan berat badannya di rumah balita. Dibutuhkan peran serta orang tua untuk tidak melewatkan Bulan Timbang dalam melayani maupun memantau perkembangan kesehatan balita,” ujarnya.

Pada pelaksanaan monitoring Posyandu Balita dalam rangka Bulan Timbang di Kabupaten Probolinggo, Ketua Ketua TP. PKK Provinsi Jawa Timur Ny. Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak didampingi Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko beserta Ketua TP. PKK Kabupaten Probolinggo Ny. Hj. Nunung Timbul Prihanjoko meninjau pelaksanaan Bulan Timbang sekaligus berinteraksi dengan ibu dan balita saat posyandu.

Dalam kesempatan terdapat lima meja yang tersedia untuk pelayanan posyandu. Meja pertama sesi pendaftaran, meja kedua proses penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan balita, meja ketiga proses pencatatan berat dan tinggi badan balita, meja keempat proses penyuluhan bagi ibu dan balita dan meja kelima untuk pelayanan kesehatan. (y0n)

cww trust seal