Depan > Kemasyarakatan > KKGPAI Kecamatan Sumber Peringati Malam Nuzulul Qur’an

KKGPAI Kecamatan Sumber Peringati Malam Nuzulul Qur’an

Reporter : Syamsul Akbar
SUMBER – Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKGPAI) Kecamatan Sumber bersinergi dengan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Sumber dan Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan Kecamatan Sumber memperingati malam Nuzulul Qur’an, Senin (18/4/2022).

Peringatan Nuzulul Qur’an yang dilaksanakan pada malam 17 Ramadhan 1443 Hijriyah ini diikuti oleh guru-guru yang ada di wilayah Kecamatan Sumber. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan untuk mengenang turunnya ayat pertama kali Al Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW.

Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Sumber Joko Rohani Sanjaya sangat mengapresiasi kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an yang digagas oleh KKGAI Kecamatan Sumber di malam 17 Ramadhan 1443 Hijriyah.

“Terkait dengan ayat yang turun pertama kali yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW yang berbunyi Iqra’ bismirobbikalladi kholaq. Iqra’ bacalah dengan logika, intelektual atau pikiran. Bismirobbikalladi kholaq, bacalah dengan nurani atau kolbu,” katanya.

Ketua Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kabupaten Probolinggo ini menegaskan, jika dihubungkan dengan bahwa manusia memiliki 3 daya yang akan ditumbuhkembangkan oleh para pendidik. Meliputi daya pikir menghasikan ilmu, daya fisik melahirkan ketrampilan (skill) dan keahlian serta daya kolbu melahirkan keimanan dan ketaqwaan.

“Bermakna pula sebagai penyemangat (move on) para pendidik dalam melaksanakan pembelajaran yang berkualitas. Ruang lingkupnya adalah kemampuan literasi, numerasi dan pendidikan karakter. Tentunya sejalan dengan Kurikulum Merdeka,” tegasnya.

Kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an ini juga diisi dengan Khotmil Qur’an yang dilaksanakan usai Salat Taraweh berjamaah. (wan)