Thursday, September 23, 2021
Depan > Pemerintahan > Kepala Desa Harus Sering Silaturahim dengan Rakyat

Kepala Desa Harus Sering Silaturahim dengan Rakyat

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Seorang kepala desa (kades) harus sering-sering melakukan silaturahim dengan rakyatnya. Sebab rakyat sangat membutuhkan kehadiran seorang pemimpin.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si ketika melakukan silaturahim dengan para kepala desa terpilih dan kepala desa yang akan habis masa jabatannya dari wilayah Kecamatan Kraksaan, Gading dan Wonomerto di Pendopo Kabupaten Probolinggo, Minggu (8/8/2021) siang.

“Kepala desa harus memperbanyak mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui sholat wajib dan sholat sunnah. Selain itu, sering-sering silaturahim langsung kepada rakyatnya,” katanya.

Menurut Hasan, selama dua tahun terakhir APBD Kabupaten Probolinggo banyak digunakan untuk menanggulangi Covid-19 dan menyelamatkan nyawa rakyat. Selama ini Bupati Probolinggo telah mengambil langkah untuk menyediakan rumah isolasi terpusat bagi masyarakat yang positif Covid-19.

“Pemerintah Daerah telah menyediakan hotel, puskesmas dan sekolah untuk dijadikan rumah isolasi terpusat. Covid-19 ini sangat menular dan banyak terjadi dalam kluster keluarga. Oleh karena itulah diambil kebijakan disediakan tempat isolasi terpusat agar tidak dholim kepada yang sehat,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Hasan menyampaikan ucapan selamat kepada kepala desa terpilih dan akan segera dilantik. Harapannya semoga pengabdiannya diselamatkan oleh Allah SWT, manfaat dan barokah. “Untuk pilkades serentak yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 27 Desember 2021 digeser pada bulan Februari 2022,” tegasnya.

Hasan menegaskan penundaan itu dilakukan karena sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) dalam pelaksanaan Pilkades Brimob harus ada. Sementara pada tanggal 27 Desember 2021 personil polisi banyak dilibatkan pada operasi lilin pengamanan natal dan tahun baru 2022.

“Akhirnya Forkopimda rapat kembali dan diputuskan Pilkades serentak akan dilaksanakan pada bulan Februari 2022. Bagi yang ingin mencalonkan kembali tingkatkan sujudnya kepada Allah SWT. Mungkin kemarin sibuk dan buk mesibuk dengan urusan dunianya,” pungkasnya.

Sementara Kepala Desa Tunggak Cerme Nantu Hermanto selaku perwakilan kepala desa menyampaikan terima kasih kepada Hasan Aminuddin karena tidak bosan-bosannya selalu mengingatkan para kepala desa untuk hablum minallah, banyak bersedekah dan bersosialisasi kepada masyarakat.

“Kami mohon maaf apabila selama memimpin sebagai kepala desa ada salah dan khilaf. Tetapi kami berkomitmen sepanjang menjadi kepala desa selalu siap mendukung program Pemerintah Daerah untuk mengabdi menjadi pemimpin yang berakhlakul karimah,” ujarnya.

Turut mendampingi Hasan Aminuddin dalam kesempatan tersebut anggota Komisi III DPRD Kabupaten Probolinggo Supoyo, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Probolinggo Hengki Cahjo Saputra serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto. (wan)