Depan > Informasi Layak Anak > Kak Timbul Buka Lomba Tingkat III

Kak Timbul Buka Lomba Tingkat III

Reporter : Mujiono
LUMBANG – Untuk meningkatkan dan memaksimalkan kualitas kepramukaan sekaligus mencari bibit bagi para anggota penggalang berprestasi yang akan diikutkan ke tingkat selanjutnya, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo menggelar Lomba Tingkat (LT-III), Jum’at hingga Minggu (22-24//7/2022) di Bumi Perkemahan Lumbang Kabupaten Probolinggo.

Lomba tingkat (LT-III) ini diikuti puluhan peserta pramuka penggalang dari masing-masing kwarran dengan mengirimkan 2 (dua) regu putra dan putri. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Jum’at (22/7/2022) malam.

Dalam kesempatan tersebut Kak Timbul yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Probolinggo ini menerima kenang-kenangan dari Kak Tirnam selaku ketua panitia lomba. Pembukaan ini ditandai dengan prosesi pemukulan gong oleh Kak Timbul. Dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada dua orang peserta penggalang putra dan putri.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Timbul Prihanjoko menjelaskan, lomba tingkat gerakan Pramuka ini merupakan pertemuan pramuka penggalang dalam bentuk perlombaan beregu maupun perorangan dalam satu regu penggalang yang dilaksanakan berjenjang dari tingkat I hingga tingkat V.

“Dengan sasaran yang ingin dicapai dalam mengikuti lomba tingkat pramuka penggalang adalah penentuan prestasi sesuai tingkatan, pemaksimalan, kemampuan mental fisik dan pengetahuan,” katanya.

Menurut Kak Timbul, dibalik lomba tingkat kepramukaan itu nantinya akan mendapatkan tambahan pengalaman, keterampilan, persahabatan, penguatan disiplin, rasa tanggungjawab kepada regu dan penghayatan Satya Darma Pramuka. Dari lomba ini akan menghasilkan regu prestasi tinggi yang mewakili Kabupaten Probolinggo dalam lomba Tingkat IV yang diselenggarakan Kwartir Daerah Jawa Timur pada tahun 2022.

“Hal penting yang saya sampaikan kepada para peserta, pembina dan panitia penyelenggara mengikuti melaksanakan kegiatan ini dengan baik dan sungguh-sungguh. Hasil mengikuti perlombaan ini sebagai bekal dan pengetahuan yang didapatkan menjadi manfaat hingga nantinya bisa diterapkan di lingkungannya,” pungkasnya. (y0n)