Saturday, April 13, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Kabupaten Probolinggo Raih Penghargaan Juara 3 Pelaksana PHBS-LBS Jatim

Kabupaten Probolinggo Raih Penghargaan Juara 3 Pelaksana PHBS-LBS Jatim

Reporter : Syamsul Akbar
PASURUAN – Kabupaten Probolinggo melalui Desa Binor Kecamatan Paiton berhasil meraih penghargaan sebagai juara 3 pada Lomba PKK Sehat Lestari Berencana Kategori Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Lingkungan Bersih Sehat (LBS) terbaik tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Dardak kepada Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj Nunung Timbul Prihanjoko dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 di GOR Untung Suropati Kota Pasuruan, Jum’at (28/7/2023) siang.

Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj Nunung Timbul Prihanjoko mengaku bersyukur dan bangga atas prestasi yang telah ditorehkan oleh Desa Binor Kecamatan Paiton dalam Lomba PKK Sehat Lestari Berencana Kategori PHBS-LBS terbaik tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023.

“Alhamdulillah, penghargaan ini merupakan bentuk komitmen dan kerja nyata semua pihak, baik pemerintah, stakeholder dan kader posyandu. Harapannya penghargaan ini bisa memicu posyandu untuk terus berupaya melakukan terobosan agar bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Menurut Nunung, masalah saat ini adalah masalah bagaimana meningkatkan upaya kesadaran dan kepedulian masyarakat agar berperilaku sehat. Tingginya angka kematian ibu, angka kematian bayi, gizi buruk dan stunting memerlukan peran serta masyarakat.

“Program PKK Sehat Lestari Berencana merupakan kegiatan keterpaduan lintas sektor yang bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan institusi KB dan kesehatan di desa dengan kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai fokus sasaran utama,” jelasnya.

Sehubungan dengan peringatan Harganas ke-30, istri Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo ini berpesan kepada masyarakat agar keluarganya bisa ikut berperan aktif dalam upaya penurunan prevalensi stunting. Keluarga harus memberikan pengasuhan yang baik dan selalu aktif mengikuti kegiatan posyandu.

“Semoga penghargaan ini bisa menjadi motivasi bagi semua pihak agar terus berinovasi dalam upaya penurunan angka stunting di Kabupaten Probolinggo. Posyandu harus terus berupaya melakkan terobosan agar bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. (wan)