Thursday, July 29, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Jum’at Manis, Pemkab Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Jum’at Manis, Pemkab Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Bertepatan dengan momentum Jum’at Manis yang rutin dilaksanakan setiap bulan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Jum’at (22/11/2019) pagi.

Kegiatan yang diikuti oleh karyawan/karyawati di lingkungan Pemkab Probolinggo ini mengambil tema “Wujudkan Ketauladanan Rosulullah SAW Dalam Sikap dan Perilaku Sehari-hari Sebagai Etos Kerja”.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Kabag Administrasi Kesra Setda Kabupaten Probolinggo Didik Abdul Rohim, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Camat di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Hadir pula para tokoh agama dan tokoh masyarakat, Komisioner KPU dan Komisioner Bawaslu Kabupaten Probolinggo serta penceramah KH Abdul Malik Sanusi selaku Pengasuh Pondok Pesantren Nurus Syam Desa Wringin Kabupaten Bondowoso.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini diawali dengan sholat Dhuha berjamaah dengan imam Sekretaris MUI Kabupaten Probolinggo KH Syihabuddin Sholeh. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat Waqi’ah dan doa bersama.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan bahwa ajaran Nabi Muhammad SAW harus dimaknai dengan sebaik-baiknya untuk diimplementasikan dala kehidupan sehari-hari, khususnya dalam menunjang aktivitas sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat.

“Seperti halnya ketika mau sholat berjamaah, tatkala imam meminta makmum untuk berdiri dan meluruskan barisan, maka seluruh makmum dalam hitungan detik sudah ikut merapatkan barisan. Artinya apa, ketika seorang pimpinan mengajak kepada kebaikan, maka makmum dalam hal ini staf harus segera mengikutinya,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, orang tua zaman dahulu apabila akan menjelang Maulid Nabi Muhammad SAW, semuanya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Mulai dari bahan-bahan pokok, buah dan lain sebagainya.

“Ini menandakan orang tua dulu itu ekspresinya luar biasa. Semangat ekspresi ini menunjukkan kecintaannya kepada Rasulullah SAW. Semua dipersiapkan sebaik mungkin untuk menyambut kelahirannya Nabi Muhammad SAW,” jelasnya.

Lebih lanjut Wabup Timbul meminta segenap ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Pemkab Probolinggo bersyukur karena diajak untuk Sholat Dhuha bersama setiap Jum’at manis.

“Ini semua dilakukan untuk mengasah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Awalnya mungkin karena terpaksa, tetapi lama-lama akan terbiasa. Setelah itu akan menjadi sebuah kebiasaan sehingga bisa terus dilakukan di rumahnya. Mudah-mudahan ke depan bisa terus istiqomah melaksanakan sholat Dhuha berjamaah setiap Jum’at manis,” pungkasnya.

Selanjutnya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Nurus Syam Kabupaten Bondowoso KH Abdul Malik Sanusi. (wan)

cww trust seal