Saturday, September 18, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Jelang Ramadhan, Baznas Salurkan 2.500 Paket Sembako

Jelang Ramadhan, Baznas Salurkan 2.500 Paket Sembako

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Jelang bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo menyalurkan sebanyak 2.500 paket sembako bagi kaum fuqoro masakin yang ada 330 desa/kelurahan se-Kabupaten Probolinggo.

Pendistribusian paket sembako ini dimulai Senin (5/4/2021) dengan melibatkan organisasi kemasyarakatan yang ada di setiap kecamatan. Kegiatan ini diawali di Kecamatan Sumber, Kuripan, Banyuanyar dan Tiris Barat Kecamatan Tiris.

Teknis pendistribusiannya dibagikan secara langsung ke masing-masing kaum fuqoro masakin. Dimana dalam setiap desa/kelurahan diambil 7 orang fuqoro masakin. Dalam satu paket sembako ini berisi beras, minyak goreng, gula, biscuit, kecap, teh, kopi serta 2 jenis kerupuk. Jika dinominalkan jumlahnya mencapai Rp 150.000.

“Alhamdulillah, jelang datangnya bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah, Baznas Kabupaten Probolinggo melalui dana zakat menyalurkan 2.500 paket sembako bagi kaum fuqoro masakin yang ada di Kabupaten Probolinggo,” kata Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H. Ahmad Muzamil.

Menurut Muzamil, sembako ini memang sengaja diberikan pada awal bulan suci Ramadhan dengan harapan bisa dibuat untuk persiapan dalam menjalankan ibadah puasa. “Dalam paket sembako ini, kami juga menyertakan kerupuk yang merupakan hasil binaan dari Baznas Kabupaten Probolinggo dalam pemberdayaan ekonomi ummat. Kami beli produk kerupuknya dan dimasukkan dalam paket sembako,” jelasnya.

Lebih lanjut Muzamil menerangkan pembagian sembako ini sengaja diberikan pada awal bulan suci Ramadhan, karena pada waktu bulan Ramadhan nantinya ada pembagian zakat fitrah plus sembako kepada kaum fuqoro masakin.

“Jadi zakat fitrahnya berasal dari hasil pengumpulan ASN yang ada di Kabupaten Probolinggo. Sementara sembakonya disediakan oleh Baznas Kabupaten Probolinggo. Tetapi yang jelas penerimanya berbeda dengan yang saat ini sudah mendapatkan sembako. Sehingga nantinya ada pemerataan, karena jumlah kaum fuqoro masakin di Kabupaten Probolinggo sangat banyak sekali,” terangnya.

Muzamil menambahkan pemberian paket sembako ini bertujuan untuk membantu meringankan para kaum dhuafa fakir dalam rangka mengadapi bulan suci Ramadhan. “Ini merupakan bagian dari program Probolinggo Peduli,” tegasnya.

Dengan adanya pemberian paket sembako ini Muzamil mengharapkan kepada para wajib pajak, terutama pada momentum bulan suci Ramadhan bisa menunaikan zakatnya kepada para kaum dhuafa di lingkungannya masing-masing.

“Salurkan zakatnya melalui Baznas Kabupaten Probolinggo, nantinya kami yang akan memfasilitasi dan menyalurkannya kepada kaum dhuafa fakir yang ada di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)