Tuesday, June 25, 2024
Depan > Kemasyarakatan > BPBD Distribusikan Bantuan Sandbag 200 Lembar

BPBD Distribusikan Bantuan Sandbag 200 Lembar

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo mendistribusikan bantuan sandbag di Desa Tanjungrejo Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo, Kamis (25/1/2024).

Bantuan sandbag sebanyak 200 lembar tersebut akan digunakan sebagai tanggul sungai sementara untuk bisa meminimalisir dampak erosi apabila debit sungai mengalami peningkatan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Oemar Sjarief mengatakan bantuan sandbag ini dilakukan untuk digunakan penanganan darurat terhadap jebolnya plesengan saluran Sungai di Dusun Pilangkacir Desa Tanjungrejo Kecamatan Tongas setelah hujan deras pada Rabu (24/1/2024) sore.

“Penanganan dan sandbag adalah penanganan darurat supaya jebolnya plengsengan tidak berdampak lebih parah. Rusaknya plengsengan disebabkan salah satunya karena ada penyumbatan barongan bambu,” katanya.

Oleh karena itu Oemar menghimbau kepada Masyarakat untuk melakukan kerja bakti di saluran-saluran yang ada di sekitarnya sehinga kalau hujan tindak tersumbat dan banjir. “Selain itu masyarakat tidak boleh membuang sampah di saluran atau sungai,” pungkasnya. (wan)