Depan > Kemasyarakatan > Jelang Lebaran, Metrologi Legal Lakukan Pengawasan UTTP PUBBM SPBU

Jelang Lebaran, Metrologi Legal Lakukan Pengawasan UTTP PUBBM SPBU

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo melalui UPT Metrologi Legal melakukan pengawasan UTTP (Ukur, Timbang, Takar dan Perlengkapannya), khususnya PUBBM di sejumlah SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum).

Pengawasan UTTP pada Pompa Ukur Bahan Bakar Minyak (PUBBM) pada SPBU ini rutin dilakukan setiap tahun oleh UPT Metrologi Legal Disperindag Kabupaten Probolinggo, khususnya pada arus mudik dan arus balik lebaran.

Kepala UPT Metrologi Legal Diyah Setyo Rini mengatakan kegiatan pengawasan PUBBM pada SPBU ini terutama dilakukan di setiap ruas jalur mudik lebaran yang biasanya transaksi meningkat pada saat momentum lebaran.

“Dengan peningkatan pengawasan UTTP khususnya PUBBM, kami ingin memastikan bahwa takaran yang dikeluarkan oleh PUBBM sesuai dengan ketentuan, sehingga tidak merugikan konsumen ataupun pihak SPBU,” katanya.

Menurut Rini, pengawasan UTTP PUBBM SPBU ini dilakukan untuk menjaga kepercayaan konsumen dan menjamin kepastian takaran sehingga tidak merugikan konsumen ataupun pihak SPBU.

“Harapan kami dengan adanya pengawasan khususnya PUBBM SPBU maupun UTTP lainnya akan mendorong terwujudnya daerah tertib ukur di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)