Saturday, April 13, 2024
Depan > Kemasyarakatan > IPSI Lakukan Upgrading Kualitas Wasit Juri dan Pelatih

IPSI Lakukan Upgrading Kualitas Wasit Juri dan Pelatih

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – Dalam rangka melakukan pembenahan di semua lini Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimilikinya, Pengurus Kabupaten (Pengkab) Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Probolinggo melakukan upgrading atau peningkatan kualitas untuk wasit juri dan pelatih, Sabtu dan Minggu (14-15/1/2023).

Kegiatan yang dipusatkan di GOR Damanhuri Romly Komplek Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Kecamatan Pajarakan ini diikuti oleh 87 peserta terdiri dari 62 wasit juri dan25 pelatih dari 23 perguruan di bawah binaan Pengkab IPSI Probolinggo dan 2 perguruan lain yang masih belum masuk binaan.

Selama kegiatan mereka dipandu oleh 3 (tiga) orang instruktur yang disiapkan oleh Pengkab IPSI Probolinggo. Yakni, Wasit Nasional Kelas 3 Dian Meirina Amalia, Wasit Daerah Jawa Timur Kelas 1 H. Sahudi dan Wasit Daerah Jawa Timur Kelas 1 Moh. Hose.

Upgrading kualitas wasit juri dan pelatih ini dihadiri oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo Zainul Hasan didampingi Wakil Ketua KONI Budi Eko Prasetyo, Sekretaris Umum KONI Kabupaten Probolinggo Erfan Yulianto dan Ketua Umum Pengkab IPSI Probolinggo Supardi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Pengkab IPSI Probolinggo Supardi mengungkapkan upgrading kualitas wasit juri dan pelatih ini bertujuan untuk menciptakan pelatih dan wasit juri pencak silat di Kabupaten Probolinggo yang profesional dan paham peraturan baru. “Upgrading kualitas wasit juri dan pelatih ini juga menjadi syarat untuk mengikuti pelatihan wasit juri dan pelatih tingkat selanjutnya,” ujarnya.

Menurut Supardi, dalam upgrading kualitas wasit juri dan pelatih ini Pengkab IPSI Probolinggo juga diberikan pemahaman terkait peraturan baru yang wajib diketahui oleh para wasit juri dan pelatih

“Melalui kegiatan ini diharapkan kualitas dan pemahaman wasit juri dan pelatih bisa merata di semua perguruan di Kabupaten Probolinggo. Dengan kegiatan ini mampu menjadi solusi permasalahan akan kurangnya pengetahuan perwasitjurian dan sistem pelatihan sesuai perkembangan daerah, nasional dan internasional,” tegasnya.

Sementara Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Zainul Hasan berpesan agar wasit juri dan pelatih di Kabupaten Probolinggo bisa terus meningkatkan kualitas agar perguruan pencak silat di Kabupaten Probolinggo dapat mencetak atlit-atlit hebat.

“Saya memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya terhadap kegiatan upgrading kualitas wasit juri dan pelatih yang digelar Pengkab IPSI Probolinggo. Luar biasa awal tahun sudah memulai start dengan mengupgrade pelatih. Saya minta segera mempersiapkan diri guna menghadapi pra Porprov dan targetnya harus bisa lolos,” pungkasnya. (wan)