Monday, April 19, 2021
Depan > Kesehatan > Harganas ke-27, Pemkab Lakukan Pembinaan Kampung KB

Harganas ke-27, Pemkab Lakukan Pembinaan Kampung KB

Reporter : Syamsul Akbar
GADING – Dalam rangka menyambut Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 tahun 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melakukan pembinaan Kampung KB di Desa Betek Taman Kecamatan Gading, Kamis (18/6/2020).

Kegiatan yang dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko didampingi oleh Camat Gading Taufik Alami dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Gading ini diikuti oleh para kader posyandu dan masyarakat yang ada di Desa Betek Taman Kecamatan Gading.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan, Dinas Pemberdayaan dan KB, pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo, Kepala Puskesmas Wangkal Sunar Wibowo, Koordinator PLKB Kecamatan Gading, Pj Kepala Desa Betek Taman Bahir serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Betek Taman Kecamatan Gading.

Kegiatan pembinaan Kampung KB yang dilaksanakan di tengah-tengah pandemi COVID-19 ini menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari memakai masker, jaga jarak aman, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan hand sanitizer serta tidak bersentuhan fisik.

Pembinaan Kampung KB ini diisi dengan sosialisasi Harganas ke-27 oleh Koordinatir PLKB Kecamatan Gading, sosialisasi Gemar Makan Ikan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo, sosialisasi stunting oleh Dinas Kesehatan serta sosialisasi pelayanan KB implant oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB.

Dalam sambutannya Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko mengungkapkan Kampung KB adalah merupakan wilayah dimana terdapat keterpaduan program kependudukan dan keluarga berencana, pembangunan keluarga dan pembangunan berbagai sektor yang terkait dilakukan secara sistemis dan terintegrasi.

“Melalui Kampung KB diharapkan dapat meningkatkan ketahanan keluarga melalui perencanaan keluarga dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan alat kontrasepsi dan mengaktifkan berbagai kelompok kegiatan sehingga dapat meningkatkan derajad kehidupan masyarakat,” ungkapnya.

Dengan adanya Kampung KB ini, istri Wakil Bupati Probolinggo ini mengharapkan semua kegiatan bisa berjalan secara terpadu dan pada akhirnya bisa membantu mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, meningkatkan ekonomi keluarga, derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat sehingga dengan sendirinya dapat meningkatkan kualitas hidup dari masyarakat yang ada di Kecamatan Gading khususnya.

“Harapan kami bahwa pembinaan ini akan menambah ilmu yang bermanfaat sebagai bekal dalam meningkatkan kinerja Kampung KB. Dengan ilmu dan akhlak yang kuat akan terbentuk keluarga-keluarga kecil yang berkualitas, bahagia dan sejahtera. Jangan lupa ilmu yang didapat diberikan kepada yang lain sehingga bermanfaat,” harapnya.

Sementara Camat Taufik Alami mengatakan pada dasarnya kegiatan ini adalah memantapkan dan kemudian support dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo dalam rangka mendukung kegiatan Harganas di lingkungan Kabupaten Probolinggo, khususnya di Kecamatan Gading. Karena menyadari arti penting keluarga, khususnya dalam situasi seperti ini.

“Di saat ini masih kecamatan merah, awal-awal COVID-19 ada dua warga kita yang terpapar. Peran keluarga di sini luar biasa, bergotong-royong dan bersama-sama untuk mengatasi masalah tersebut,” katanya.

Taufik mengaku bersyukur hingga hari ini Kecamatan Gading sudah masuk daerah hijau dan bebas COVID-19. “Disini peran dan support dukungan dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo serta Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo turun ke desa langsung memberikan dukungan dan bantuan bagaimana penguatan kapasitas keluarga dalam menghadapi permasalahan dan situasi seperti ini,” jelasnya.

Lebih lanjut Taufik berharap masyarakat benar-benar mengedepankan kekuatan pribadi dan kekuatan keluarga yang akan kemudian menunjukkan kekuatan bersama-sama seluruh masyarakat di Kecamatan Gading.

“Bagaimana pola hidup bersih, mentaati peraturan pemerintah dan ketentuan dari pemerintah sesuai protokol kesehatan yang berawal dari keluarga dari keluarga yang sehat dan keluarga yang tangguh akan melahirkan desa yang tangguh dan kecamatan tangguh. Insyaallah Kecamatan Gading dan 19 desa adalah kecamatan tangguh,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan secara simbolis makanan dari olahan ikan sebagai bentuk sosialisasi Gemar Makan Ikan dari Dinas Perikanan dan reward KB Lestari 10 Tahun MOP berupa sembako dari Camat Gading Taufik Alami dan bingkisan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB. (wan)

cww trust seal