Tuesday, March 5, 2024
Depan > Kesehatan > Empat Dokter Spesialis Kandungan Berikan Pendampingan Bagi 12 Puskesmas

Empat Dokter Spesialis Kandungan Berikan Pendampingan Bagi 12 Puskesmas

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebanyak 4 (empat) orang dokter spesialis kandungan di Kabupaten Probolinggo memberikan pendampingan untuk 12 puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Ke-12 puskesmas yang memperoleh pendampingan dari dokter spesialis kandungan tersebut diantaranya Puskesmas Paiton, Pakuniran, Maron, Tongas, Banyuanyar, Kuripan, Wangkal, Krejengan, Condong, Sumber, Pajarakan dan Krucil.

Pendampingan bagi 12 puskesmas ini dilakukan oleh 4 dokter spesialis kandungan. Yakni, dr Alam Syukur, SpOG, dr Yessy Rahmawati, SpOG, dr Donny Rahardianto, SpOG dan dr Lalita Perwitasari, SpOG.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo Mujoko melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Sri Wahyu Utami mengatakan pendampingan dokter spesialis untuk tenaga kesehatan di puskesmas ini dilakukan dalam rangka untuk peningkatan kompetensi guna penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi (AKI-AKB).

“Dalam pendampingan ini, para tenaga kesehatan baik dokter maupun bidan yang ada di puskesmas diberikan materi terkait dengan kesehatan ibu hamil serta sistem rujukan ibu hamil,” katanya.

Menurut Sri Wahyu, pendampingan dokter spesialis kandungan di 12 puskesmas ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan baik dokter maupun bidan terkait pelayanan kesehatan ibu hamil.

“Harapannya dengan adanya pendampingan dari dokter spesialis kandungan ini nantinya ada peningkatan kompetensi terkait pelayanan ibu hamil serta dapat menekan angka kematian ibu hamil,” pungkasnya. (wan)