Monday, May 10, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Dukung Penerapan PPKM Skala Mikro, Kelurahan Kraksaan Wetan Bagikan Ribuan APD

Dukung Penerapan PPKM Skala Mikro, Kelurahan Kraksaan Wetan Bagikan Ribuan APD

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka memaksimalkan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro, Kelurahan Kraksaan Wetan Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo membagikan ribuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada seluruh masyarakat, Jum’at (26/3/2021) pagi.

Ribuan APD yang dibagikan kepada masyarakat yang ada di 22 RT pada 7 RW di Kelurahan Kraksaan Wetan ini terdiri dari masker sejumlah masyarakat Kelurahan Kraksaan Wetan, 5 liter hand sanitizer setiap RT, 5 liter cairan disinfektan setiap RT, 1 dos sarung tangan setiap RT dan 1 dos vitamin C setiap RT.

Pembagian ribuan APD yang dipimpin oleh Lurah Kraksaan Wetan Elshinta Nabellah ini dilakukan dengan gowes bersama keliling Kelurahan Kraksaan Wetan mulai dari RW 1 hingga RW 7.

Start dimulai pada pukul 06.00 WIB dari Kantor Kelurahan Kraksaan Wetan, rombongan gowes ini menyusuri jalan raya dan menemui masyarakat mulai dari RW 1 hingga RW 7. Dalam setiap kesempatan rombongan gowes ini berhenti dan membagikan APD kepada masyarakat melalui para Ketua RW masing-masing.

Tidak hanya masyarakat saja, para pedagang yang ada di Pasar Kojuk di RW 6 juga mendapatkan masker gratis sebagai bentuk perlindungan diri dari penyebaran Covid-19. Setelah menempuh rute sejauh sekitar 5 kilometer, gowes inipun berakhir kembali di Kantor Kelurahan Kraksaan Wetan Kecamatan Kraksaan.

Lurah Kraksaan Wetan Elshinta Nabellah mengatakan pelaksanaan PPKM Skala Mikro di Kelurahan Kraksaan Wetan diawali dengan sosialisasi. Dimana masing-masing RT itu dibentuk satu Posko yang didukung dengan APD seperti masker, cairan disinfektan, hand sanitizer dan sebagainya untk diberikan kepada masyarakat sejumlah masyarakat yang ada di Kelurahan Kraksaan Wetan.

“Alhamdulillah tanggapan masyarakat terhadap penerapan PPKM Skala Mikro ini sangat mendukung sekali. Apalagi RT dan RW yang ada di Kelurahan Kraksaan Wetan ini sangat aktif. Jadi mereka itu support sehingga ada follow back dari RT dan RW. Dimana mereka selalu melaporkan keadaan dan situasi dari wilayahnya masing-masing. Misalnya ada yang suspect atau kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, mereka langsung melaporkan sehingga kita bisa menangangi dengan cepat,” katanya.

Untuk teknis penerapan PPKM Skala Mikro jelas Bella, sapaan akrab Elshinta Nabellah, pihaknya sudah menyiapkan semuanya. Dimana Ketua RW bertindak sebagai koordinator wilayah yang beranggotakan para Ketua RT. Mereka menyiapkan satu posko per RT yang nantinya warga itu akan diajak untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Jadi nanti RT dan RW itu akan menghimbau dan mengajak masyarakat yang tidak memakai masker. Selanjutnya mereka akan diberikan masker. Karena kita disini menyiapkan 7000 masker dan per RT itu ada 5 liter cairan disinfektan, 5 liter hand sanitizer termasuk sarung tangan dan vitamin C. Jadi kita membagikan Satgas Covid-19 ini vitamin agar mereka tetap sehat,” tegasnya.

Menurut Bella, penerapan PPKM Skala Mikro ini merupakan cara paling efektif dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, karena RT dan RW langsung berperan untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk tetap menerapkan 3M (Memakau masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir). Itu sangat penting sekali, karena bisa menjaga diri sendiri, keluarga dan orang lain.

“Saya harapkan apabila ada yang terkonfirmasi psoitif Covid-19 jangan panik dan tetap jalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran dari pemerintah. Semoga ke depannya, tidak ada kasus Covid-19 lagi di Kelurahan Kraksaan Wetan. Serta masyarakat bisa lebih terbuka dan bisa lebih menjaga dirinya agar terhindar dari Covid-19,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal