Sunday, May 19, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Tinjau Lokasi Banjir, Sekda Ugas Ingin Penanganan Secepatnya

Tinjau Lokasi Banjir, Sekda Ugas Ingin Penanganan Secepatnya

Reporter : Mujiono
TONGAS – Cuaca ekstrem atau intensitas curah hujan yang cukup tinggi membawa dampak terjadinya banjir yang ada di beberapa lokasi di Kabupaten Probolinggo. Seperti yang ada di Desa Bayeman, Desa Tambakrejo dan halaman depan RSUD Tongas.

Untuk mengetahui secara langsung lokasi banjir akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto didampingi Camat Tongas Rochmad Widiarto meninjau lokasi banjir, Sabtu (11/2/2023) pagi di Desa Bayeman, Desa Tambakrejo dan RSUD Tongas.

Turut mendampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Probolinggo Hengki Cahjo Saputra dan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Probolinggo R. Oemar Sjarief.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto menjelaskan setelah melakukan pemantauan lokasi banjir di beberapa titik itu tidak terdapat kerusakan signifikan. “Ada beberapa lokasi yang harus dilakukan diperhatikan dan diperbaiki,” katanya.

Sekda Ugas menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada menghadapi cuaca ekstrem yang sering terjadi banjir. “Lakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait agar supaya mendapatkan penanganan secara cepat jika terjadi kebencanaan akibat hujan intensitas curah hujan yang tinggi,” jelasnya.

Seperti di RSUD Tongas terang Sekda Ugas, terjadinya banjir akibat sumbatan-sumbatan, sehingga dapat menghalangi kelancaran aliran air hujan. Pihak Dinas PUPR dan Perkim saat melakukan peninjauan, ada penyumbatan yang harus segera ditangani untuk menanggulangi terjadinya banjir di halaman RSUD Tongas.

“Agar supaya tidak terjadi semacam itu, solusi yang dilakukan adalah melakukan normalisasi di gorong-gorong saluran air yang ada di sebelah utara dan di sebelah barat. Terjadinya banjir di Desa Tambakrejo akibat kerusakan tanggul 25 meter, tentunya proses penanganan perbaikannya dilakukan secepat mungkin,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Probolinggo R. Oemar Sjarief menambahkan, selain dilakukan normalisasi gorong-gorong di sekitaran RSUD Tongas, terdapat pembongkaran yang telah menghambat aliran air yaitu berupa betonan di atas saluran air yang berada di sisi utara jalan di pos gardu yang tidak terpakai. (y0n)