Wednesday, June 16, 2021
Depan > Pemerintahan > Kabupaten Probolinggo Terima Alokasi Pembangunan Infrastruktur Jargas 5.737 SR

Kabupaten Probolinggo Terima Alokasi Pembangunan Infrastruktur Jargas 5.737 SR

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebagai rencana lanjutan pembangunan infrastruktur jaringan gas (jargas) bumi untuk rumah tangga tahun 2021, Kabupaten Probolinggo memperoleh alokasi sebanyak 5.737 SR yang tersebar di wilayah Kecamatan Tongas (Desa Tanjungrejo, Desa Curahtulis, Desa Tongas Kulon dan Desa Tambakrejo) dan Kecamatan Dringu (Desa Pabean, Desa Kalirejo dan Desa Kedungdalem).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Probolinggo Susilo Isnadi. Menurutnya, hal ini merujuk pada Surat PPK Pembangunan Jaringan Gas (Jargas) untuk Rumah Tangga Paket 18 Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia tanggal 17 Maret 2021 Nomor : 03100.S/PPK/JRG18/2021 perihal Informasi Kegiatan Pembangunan Jaringan Gas Bumi untuk rumah tangga di Kabupaten Probolinggo tahun 2021.

“Untuk nota kesepakatan atau MoU sampai saat ini sudah sampai pada proses final dan cetak oleh Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. Adapun penandatanganan nota kesepakatan akan dilaksanakan secara table to table guna menghindari resiko penyebaran Covid-19,” katanya.

Menurut Susilo, kegiatan ini diawali dengan sosialisasi pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga di Kabupaten Probolinggo tahun 2021 dari Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

“Pembangunan jaringan gas bumi ini seiring dengan program pemerintah untuk menggalakkan konversi LPG ke gas bumi. Pemanfaatan gas bumi ini dinilai bisa membantu masyarakat untuk menghemat pengeluaran biaya rumah tangga,” jelasnya.

Lebih lanjut Susilo menerangkan pembangunan jaringan gas tersebut ditujukan untuk masyarakat kelas menengah ke bawah agar dapat menikmati gas setiap saat dengan harga yang relatif murah, bersih dan aman.

“Pemakaian gas bumi untuk rumah tangga ini sangat hemat dan aman. Menurut testimoni masyarakat yang sudah memanfaatkan bisa berhemat 30% dibandingkan dengan LPG 3 Kg bersubsidi,” terangnya.

Susilo mengharapkan kepada Camat dan Kepala Desa penerima agar berusaha semaksimal mungkin untuk mendukung dan membantu kelancaran program pemerintah dengan cara mensosialisasikan kepada warganya. (wan)

cww trust seal