Sunday, September 26, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Dua Kali Hasil Swab Negatif, Satu Pasien Positif COVID-19 Asal Jabungsisir Sembuh

Dua Kali Hasil Swab Negatif, Satu Pasien Positif COVID-19 Asal Jabungsisir Sembuh

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Satu orang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) asal Desa Jabungsisir Kecamatan Paiton dalam klaster Sukolilo dinyatakan sembuh. Yang bersangkutan adalah keponakan dari orang terkonfirmasi positif pertama COVID-19 dari Desa Jabungsisir Kecamatan Paiton.

“Dia dinyatakan sembuh karena dua kali hasil swabnya negatif. Dimana hasil swab pertama positif, kemudian hasil swab evaluasi negatif dan swab ketiga negatif. Untuk kondisi yang bersangkutan bagus dan sehat, makanya sudah kita pulangkan,” kata Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto, Selasa (12/5/2020)

Menurut Anang, setelah dinyatakan sembuh yang bersangkutan tetap akan diawasi oleh petugas medis dan harus melakukan isolasi mandiri di rumah. “Social distancing harus terus dilakukan agar tidak tertular lagi,” jelasnya.

Terkait dengan orang terkonfirmasi positif COVID-19 sebelumnya Anang menerangkan bahwa secara umum masih dalam kondisi sehat dan baik. Orang yang terkonfirmasi di RSUD Tongas dan RSU Wonolangan maupun di rumah pengawasan semuanya sehat. Intinya mereka masih menunggu hasil swab yang sampai saat ini masih belum keluar.

“Yang jelas mereka tetap terus dipantau perkembangannya oleh tim medis agar daya tahan tubuhnya tetap bugar. Sehingga ketika dilakukan swab berikutnya hasilnya bisa negatif. Karena sesuai dengan protokol kesehatan, mereka bisa dipulangkan kalau hasil swabnya dua kali negatif,” pungkasnya. (wan)