Monday, November 30, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Orang Terkonfirmasi Positif COVID-19 Bertambah 11 Orang

Orang Terkonfirmasi Positif COVID-19 Bertambah 11 Orang

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Hingga Selasa (12/5/2020) malam, Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo merilis orang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo bertambah 11 orang. Dengan demikian jumlah totalnya mencapai 36 orang dengan keterangan 34 orang masih dirawat dan 2 orang sembuh.

“Tambahan 11 orang terkonfirmasi positif COVID-19 ini berasal dari Desa Sumberkembar Kecamatan Pakuniran 1 orang, Desa Pakuniran Kecamatan Pakuniran 1 orang, Desa Sukodadi Kecamatan Paiton 1 orang, Desa Bulu Kecamatan Kraksaan 1 orang, Desa Sumberlele Kecamatan Kraksaan 1 orang, Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan 2 orang, Desa Tamansari Kecamatan Kraksaan 1 orang, Desa Kalirejo Kecamatan Dringu 2 orang dan Desa Kedungdalem Kecamatan Dringu 1 orang,” kata Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto.

Menurut Anang, dari 11 orang terkonfirmasi positif COVID-19 ini terbagi dalam beberapa klaster. Diantaranya 6 orang masuk dalam klaster Sukolilo semuanya berjenis kelamin laki-laki dari Desa Bulu, Kelurahan Sidomukti dan Desa Sumberlele Kecamatan Kraksaan serta Desa Sukodadi Kecamatan Paiton dan Desa Sumberkembar Kecamatan Pakuniran. “Keenam orang ini adalah tenaga medis dari RSUD Waluyo Jati Kraksaan,” jelasnya.

Selanjutnya terang Anang, 1 orang masuk dalam klaster lepas karena dia sendiri dan kos ketularan dari siapa tracingnya masih belum ketemu. Dia adalah seorang bidan yang bertugas di RSUD Tongas. Kemudian klaster Temboro, Magetan laki-laki dan perempuan dari Desa Kalirejo Kecamatan Dringu. Serta klaster pemudik laki-laki dari Desa Tamansari Kecamatan Kraksaan dan ibu dari seorang pemudik asal Desa Pakuniran Kecamatan Pakuniran.

“Alhamdulillah ke-11 orang terkonfirmasi positif COVID-19 ini dalam kondisi sehat wal afiat. Saat ini ke-11 orang ini sedang menjalani isolasi di rumah pengawasan Kabupaten Probolinggo dengan pengawasan ketat dari petugas medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo,” terangnya.

Anang menegaskan mereka semua sudah di rumah pengawasan dan semua sudah ditracking, tetapi pihaknya akan tetap memperdalam untuk memastikan bahwa tidak ada lagi yang tersisa. Yang pasti mereka sudah ditracking karena dia juga di rumah pengawasan Kabupaten Probolinggo sudah lama. Rata-rata sudah 2 mingguan mereka berada di rumah pengawasan.

“Tetapi tetap mereka akan ditracking untuk memperdalam dan mengevaluasi tracking yang sebelumnya. Kita akan evaluasi lagi kalau perlu kita tracking lagi. Nanti akan dievaluasi lagi, paling tidak setelah 7-10 hari akan diswab lagi, swab 1 dan 2. Jika dua kali swab hasilnya negatif maka dia akan kita pulangnya,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal