Tuesday, June 25, 2024
Depan > Kemasyarakatan > DPUPR Lakukan Normalisasi Saluran Sekunder Saratan Desa Kedungcaluk

DPUPR Lakukan Normalisasi Saluran Sekunder Saratan Desa Kedungcaluk

Reporter : Syamsul Akbar
KREJENGAN – Saat ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo sedang melakukan normalisasi saluran sekunder saratan Desa Kedungcaluk Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo.

Pengerjaan normalisasi saluran sekunder saratan Desa Kedungcaluk Kecamatan Krejengan ini direncanakan sepanjang 425 meter. Hingga saat ini, pengerjaan normalisasi baru mencapai 300 meter lebih.

Kepala DPUPR Kabupaten Probolinggo Hengki Cahjo Saputra melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air Asrul Bustami mengatakan normalisasi saluran sekunder saratan ini dilakukan karena adanya usulan dari HIPPA dan Gabungan HIPPA Desa Kedungcaluk Kecamatan Krejengan.

“Usulan itu disampaikan karena kondisi saluran yang sedimennya sangat tebal. Akibatnya debit air di saluran kecil dan kalau musim hujan sering terjadi luapan ke permukiman penduduk,” katanya.

Menurut Asrul, normalisasi saluran sekunder saratan ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi saluran sekunder saratan dengan cara membuang sedimen yang mengganggu dan melakukan pembersihan pada saluran dan sempadan saluran. “Hal ini dilakukan supaya saluran dapat mengalirkan air irigasi sesuai debit rencana,” tegasnya.

Dengan adanya normalisasi saluran sekunder saratan ini Asrul mengharapkan nantinya dapat menunjang atau meningkatkan produksi pertanian.

“Mohon kepada HIPPA dan G-HIPPA beserta Pemerintah Desa Kedungcaluk dan masyarakat sekitar dapat bersama-sama berkontribusi untuk menjaga kelestarian dan kebersihan saluran. Salah satunya mungkin dengan menjadwalkan secara rutin pembersih saluran yang dilaksanakan secara gotong royong,” pungkasnya. (wan)