Tuesday, June 25, 2024
Depan > Pemerintahan > DPUPR Gelar Bimtek Desain, Pelaksanaan dan Pengawasan Pekerjaan Konstruksi

DPUPR Gelar Bimtek Desain, Pelaksanaan dan Pengawasan Pekerjaan Konstruksi

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo menggelar bimbingan teknis (bimtek) desain, pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan konstruksi di Hotel Alliya Kecamatan Kraksaan, Rabu dan Kamis (21-22/6/2023).

Kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan berkat sinergitas antara DPUPR Kabupaten Probolinggo dengan Persatuan Insinyur Indonesia Cabang Kabupaten Probolinggo dan Assosiasi Jasa Konstruksi Kabupaten Probolinggo.

Bimtek desain, pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan konstruksi ini diikuti 50 orang peserta dari penyedia jasa konstruksi dan OPD pengguna jasa konstruksi di Kabupaten Probolinggo. Mereka mendapatkan materi dari Bidang Jasa Konstruksi dan Peralatan DPUPR Kabupaten Probolinggo, Bidang Bina Marga DPUPR Kabupaten Probolinggo dan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Cabang Kabupaten Probolinggo.

Dalam sosialisasi ini, para peserta menerima materi melaksanakan survey pendahuluan dan pengumpulan data, melaksanakan pekerjaan perencanaan teknis, menyusun spesifikasi umum dan spesifikasi khusus, metode penggambaran teknis hasil desain, melaksanakan penggambaran teknis hasil desain dan menyusun Engineer Estimate (EE).

Selanjutnya, menyusun Own Estimate (OE)/HPS, melaksanakan ketentuan keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan di tempat kerja, melakukan komunikasi di tempat kerja, melaksanakan pekerjaan konstruksi, melakukan pengawasan kegiatan administrasi dan pelaksanaan K3 konstruksi, melakukan pengawasan pekerjaan konstruksi dan membuat laporan pelaksanaan pekerjaan konstruksi.

Kepala Bidang Jasa Konstruksi dan Peralatan DPUPR Kabupaten Probolinggo Ruli Nasrullah mengatakan kegiatan ini dimaksudkan memberikan keterampilan/kompetensi tentang teknis desain, pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan jasa konstruksi. Tujuannya agar terwujudnya meningkatnya kemampuan keterampilan/kompetensi sumber daya manusia penyedia jasa konstruksi di wilayah Kabupaten Probolinggo.

”Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan sumber daya manusia jasa konstruksi dalam memahami teknis desain, pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan konstruksi serta mewujudkan penyedia jasa konstruksi yang berdaya saing dalam tingkat nasional di Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Sementara Kepala DPUPR Kabupaten Probolinggo Hengki Cahjo Saputra mengatakan jasa konstruksi mempunyai peran strategis dalam pembangunan nasional, sehingga perlu dilakukan bimbingan teknis desain, pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan konstruksi guna meningkatnya sumber daya manusia jasa konstruksi dlama memahami teknis desain, pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan konstruksi.

”Dengan adanya bimbingan teknis ini diharapkan penyedia jasa konstruksi di Kabupaten Probolinggo semakin mampu mengembangkan dan meningkatkan perannya dalam pembangunan nasional melalui peningkatan sumber daya manusia, mendukung tertib penyelenggaraan jasa konstruksi yang kokoh dan mampu mewujudkan hasil pekerjaan konstruksi yang berkualitas,” katanya. (wan)