Wednesday, December 1, 2021
Depan > Informasi Layak Anak > DPPKB Gelar Bimtek Penyusunan PPRG

DPPKB Gelar Bimtek Penyusunan PPRG

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Dalam rangka mewujudkan pembangunan responsif gender, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Probolinggo menggelar bimbingan teknis (bimtek) penyusunan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Tahun 2022, Senin (20/9/2021) di ruang pertemuan Paseban Sena Probolinggo.

Kegiatan ini melibatkan 30 OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan 24 kecamatan serta 8 (delapan) tim driver Kabupaten Probolinggo serta Fasilitator Kabupaten Probolinggo dengan tujuan untuk mendorong percepatan PUG melalui PPRG di masing-masing OPD dalam mengintegrasikan gender dalam dokumen pelaksanaan pembangunan untuk mewujudkan kesetaraan gender.

Bimtek PPRG ini salah satu upaya pembangunan responsif gender dengan tujuan kesetaraan dan keadilan gender serta Pengarusutamaan Gender (PUG) dilaksanakan di semua bidang pembangunan melalui integrasi menjadi salah satu dimensi integral dimulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi kebijakan program kegiatan yang diimplementasikan dalam penyusunan dokumen Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG).

Dasar hukum kegiatan ini Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2000 Tentang Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Nacional, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 67 Tahun 2011 Tentang Pedoman Pelaksanaan Umum Gender di Daerah, Surat Edaran MenterĂ­ Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor : 270/M.PPN/11/2012, Nomor :SE-33/MK.02/2012, Nomor : 050/4379A/51, Nomor : SE/MPP-PA/I 1/2012 Tentang Stranas Percepatan Pengarusutamaan Gender (PUG) melalui Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG).

Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 9 Tahun 2019 Tentang Pengarusutamaan Gender, Peraturan Daerah Kabupaten Probolinggo Nomor 06 Tahun 2019 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Probolinggo Tahun 2018-2023 dan Peraturan Bupati Nomor 61 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengarusutarnaan Gender (PUG) dalam Pembangunan di Kabupaten Probolinggo.

Serta, Surat Edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Nomor : 900/704/426.201/2020 Tentang Penyelenggaraan Perencanaan dan Pengangaran Pembangunan Daerah yang Berperspektif Gender.

Para peserta bimtek ini diberi materi oleh narasumber Suti’ah dari Lembaga Pengkajian Kemasyarakatan dan Pembangunan (LPKP) Jawa Timur Tentang Pemahaman Gender, Pengarusutamaan Gender (PUG), Penganggaran Responsif Gender, Pengenalan Penyusunan Dokumen Anggaran Responsif Gender dan Penyusunan Dokumen Anggaran Responsif Gender.

Kepala DPPKB Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto menjelaskan kegiatan ini bukan hanya untuk Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Probolinggo saja, akan tetapi kegiatan ini untuk kegiatan dan kepentingan bersama yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

“Program kegiatan ini sesuai kebijakan Plt Bupati Probolinggo dan nantinya di tindaklanjuti dengan analisa gender pada suatu kegiatan di tiap-tiap OPD sebagai syarat untuk melakukan kegiatan berikutnya. Semoga para peserta dalam mengikuti bimtek dari awal hingga akhir ini menjadi bermanfaat dan juga menjadi bekal untuk kegiatan selanjutnya,” ungkapnya. (y0n)