Wednesday, October 27, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Berikan Pelatihan Branding Produk Bagi Pelaku Usaha Mikro

Pemkab Berikan Pelatihan Branding Produk Bagi Pelaku Usaha Mikro

Reporter : Syamsul Akbar
SUKAPURA – Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan usaha serta kapasitas dan kompetensi SDM usaha mikro, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro memberikan pelatihan branding produk bagi pelaku usaha mikro di Hotel Nadia di Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura, Senin hingga Rabu (20-22/9/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh 35 orang pelaku UMKM dari wilayah Kecamatan Sukapura. Selama 3 (tiga) hari mereka dipandu narasumber Ketua ABDSI (Asosiasi Business Development Services Indonesia) Jawa Timur Lukman Ekana Putra untuk memberikan trik dan inovasi dalam mempengaruhi konsumen dalam media online.

Di tengah masa pandemi Covid-19 yang panjang dan persaingan bisnis yang semakin ketat dan padat, UMKM harus memiliki keunggulan dibandingkan dengan pesaing atau pelaku usaha lainnya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto mengajak para pelaku UMKM untuk belajar bagaimana cara dalam menjual produk di media online agar produk yang dijual bisa menjadi magnet terhadap konsumen untuk melakukan transaksi.

“Salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh pelaku usaha adalah sebisa mungkin pelaku usaha memberikan sentuhan berupa kata-kata yang dideskripsikan dalam mengunggah produk di media online serta memberikan sentuhan dukungan dalam brand kemasan sehingga bisa memberikan daya tarik konsumen terhadap produk yang kita jual,” katanya.

Menurut Anung, dalam strategi pemasaran produk UKM, seorang pelaku usaha harus mengetahui keinginan dari konsumen sehingga bisa menghadirkan produk yang diinginkan oleh para konsumen. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi produk dengan cara melakukan inovasi demi mendapatkan produk terbaik.

“UKM akan sulit untuk berkembang jika pelaku usaha tidak mengetahui bagaimana caranya memasarkan suatu produk. Harapannya, pelatihan ini akan memberikan kontribusi terhadap omset dari penjualan dari para pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Sukapura,” harapnya. (wan)