Wednesday, October 27, 2021
Depan > Pendidikan > Dispendik Gelar Penulisan Buku Cerita Rakyat Daerah

Dispendik Gelar Penulisan Buku Cerita Rakyat Daerah

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebagai upaya menunjang literasi di Kabupaten Probolinggo, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo menggelar penulisan buku cerita rakyat daerah di ruang pertemuan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kraksaan, Senin (11/10/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh 48 orang guru semua dari unsur guru yang dipilih setiap Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. Dimana masing-masing korwil mengirimkan 2 (dua) orang guru.

Selama kegiatan mereka mendapaykan materi tentang teknik penulisan dan tahapan-tahapan dalam menulis dari narasumber Kasi Kurikulum dan Penilaian Sekolah Dasar Dispendik Kabupaten Probolinggo Like Lidyawati serta 3 (tiga) orang dari unsur pengawas diantaranya H.A Fathorrasi, Siti Husnul Khotimah dan Suwanto.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi melalui Kepala Bidang Pembinaan SD Sri Agus Indariyati mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan profesi guru dalam penulisan dan karya ilmiah bagi guru se-Kabupaten Probolinggo serta mengembangkan nilai budaya dan karakteristik yang ada di Kabupaten Probolinggo untuk dikenal lebih jauh oleh khalayak di luar Kabupaten Probolinggo.

“Selain itu, mengangkat cerita/legenda daerah asal/daerah setempat sehingga kita tahu asal usul daerah di masing-masing wilayah Kabupaten Probolinggo, menumbuhkan minat baca/literasi bagi siswa di Sekolah Dasar (SD) serta memfasilitasi minat bakat/hobby guru yang suka menulis agar mengekspresikan karyanya dalam bentuk buku,” katanya.

Menurut Sri Agus Indariyati menerangkan kegiatan ini berkembang yang awalnya hanya menghasilkan 24 cerita legenda dari desa setempat, akhirnya menjadi 48 karya yang dihasilkan oleh guru-guru dalam kegiatan temu penulis tersebut.

“Luar biasa antusias dari guru-guru untuk mengikuti dan ini akan menjadi agenda kami untuk tiap tahun menghasilkan produk/karya guru untuk kegiatan para penulis. Semoga kegiatan ini mampu meningkatkan minat baca/literasi bagi siswa dan bagi guru meningkatkan kinerja melalui kegiatan menulis menyusun modul serta menyusun karya ilmiah,” pungkasnya. (wan)