Wednesday, October 27, 2021
Depan > Pemerintahan > Desa Kalisalam Segera Revitalisasi BUMDes Sukur Maju

Desa Kalisalam Segera Revitalisasi BUMDes Sukur Maju

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Pemerintah Desa Kalisalam Kecamatan Dringu akan segera merevitalisasi keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sukur Maju. Hal ini dilakukan dalam rangka menghidupkan kembali keberadaan BUMDes tersebut setelah lama vakum.

Sebagai tahapan revitalisasi tersebut, Pj Kepala Desa Kalisalam Joko Tono Susanto mengundang para pengurus BUMDes Sukur Maju bersama sejumlah pendamping untuk melakukan rapat koordinasi (rakor) di Kantor Desa Kalisalam Kecamatan Dringu, Senin (11/10/2021).

Tampak dalam kesempatan tersebut Ketua BUMDes Sukur Maju Kikis Mukisah bersama pendamping Rais Wahyudi dan Jumal. Merekapun bersepakat untuk menghidupkan kembali keberadaan BUMDes Sukur Maju.

Pj Kepala Desa Kalisalam Joko Tono Susanto mengatakan rakor bersama pengurus dan pendamping BUMDes Sukur Maju ini bertujuan untuk memfokuskan BUMDes terkait dengan usaha yang akan dilakukan ke depannya.

“Selama ini, usaha yang dilakukan ATK tetapi tidak jalan dan vakum semuanya. Ke depan usahanya ATK, jasa dan perkebunan atau pertanian. Kami akan berupaya untuk merevitalisasi BUMDes Sukur Maju agar usahanya hidup kembali,” katanya.

Menurut Joko, BUMDes ini dapat memberi dampak ekonomi dan sosial. Hal ini sejalan dengan tujuan pendirian BUMDes untuk meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan desa serta meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa.

“Kami mendorong melakukan revitalisasi BUMDes Sukur Maju. Revitalisasi ini kami lakukan agar keberadaan BUMDes Sukur Maju dapat kembali bangkit di tengah pandemi Covid-19,” jelasnya.

Joko menegaskan revitalisasi BUMDes ini merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan peranan dan tugas pokok fungsi BUMDes sebagai badan usaha milik desa. BUMDes ini dibentuk berdasarkan SK Kepala Desa setelah melakukan musyawarah bersama BPD.

“Dengan revitalisasi ini kami berharap BUMDes Sukur Maju nantinya bisa berfungsi kembali peranannya sebagai badan usaha milik desa. Sekaligus bisa menjalankan usaha-usaha yang difokuskan oleh BUMDes,” harapnya. (wan)