Monday, December 6, 2021
Depan > Pendidikan > Dispendik Berikan Pembinaan UKS SMP

Dispendik Berikan Pembinaan UKS SMP

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka penguatan pendidikan karakter peserta didik dan pembangunan karakter SMP, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo memberikan kegiatan pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SMP se-Kabupaten Probolinggo di aula Dispendik Kabupaten Probolinggo, Senin hingga Kamis (8-11/11/2021).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi ini diikuti oleh 200 Pembina UKS SMP negeri/swasta se-Kabupaten Probolinggo yang terbagi dalam 4 (empat) gelombang.

Selama kegiatan, para peserta mendapatkan materi dari narasumber yang berasal dari anggota Sekretariat UKS Kabupaten Probolinggo, Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, Kepala Bidang Pembinaan SMP dan Pengawas SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman dan kesadaran bersama bahwa keberadaan UKS sangatlah penting bagi warga sekolah terutama peserta didik dalam penerapan pola hidup bersih dan sehat di sekolah,” ujar Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Nurul Yaqin.

Sedangkan Kepala Bidang Pembinaan SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Fahrurrozi mengharapkan melalui kegiatan ini adanya komitmen yang kuat dari seluruh warga sekolah mulai dari kepala sekolah, guru, komite sekolah, wali murid dan peserta didik SMP untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Serta meningkatkan derajat kesehatan warga sekolah, sehingga dapat melaksanakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran secara berkualitas di lingkungan SMP Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi mengatakan kegiatan ini merupakan langkah awal pengendalian internal sekolah dalam menerapkan dan membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi seluruh warga sekolah di lingkungan SMP di Kabupaten Probolinggo.

“Pembiasaan PHBS ini merupakan tanggungjawab bersama yang harus diwujudkan secara terpadu, terkoordinir, terarah dan berkelanjutan serta dilakukan secara serius dan sungguh-sungguh,” katanya.

Rozi berpesan kepada semua peserta agar melakukan kroscek kembali keberadaan dan kelengkapan UKS di masing-masing lembaganya, baik dari struktur tim pelaksana UKS, sarana prasarana minimal tersedianya kotak P3K maupun program/kegiatan UKS yang sudah direncanakan.

“Saya mengharapkan Tim Pelaksana UKS SMP benar-benar melaksanakan tugas sesuai tupoksinya dan bertanggungjawab dalam memberikan pembinaan dan pengembangan pendidikan kesehatan serta pelayanan kesehatan kepada seluruh warga sekolah, khususnya kepada peserta didik, sehingga pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pembelajaran di sekolah berjalan dengan baik serta satuan pendidikan SMP negeri/swasta di Kabupaten Probolinggo dapat mewujudkan sekolah sehat,” harapnya. (wan)