Depan > Kemasyarakatan > Diskan Gelar Penguatan Kewirausahaan Pelaku Usaha Perikanan

Diskan Gelar Penguatan Kewirausahaan Pelaku Usaha Perikanan

Reporter : Syamsul Akbar
SUMBERASIH – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan pelaku usaha perikanan dalam memanfaatkan potensi lokal, Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo memberikan penguatan kewirausahaan pelaku usaha perikanan, Senin hingga Rabu (22-24/11/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Binor Kecamatan Paiton, Desa Asembagus Kecamatan Kraksaan dan Desa Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih. Masing-masing lokasi diikuti oleh 40 orang pelaku usaha perikanan.

Selama kegiatan para peserta mendapatkan materi Kebijakan Pemerintah Kabupaten Probolinggo Dalam Pengembangan Potensi Desa dari Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari.

Selanjutnya, Kebijakan Perikanan Dalam Pengembangan Potensi Wilayah Perikanan dari Kepala Dinas Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi serta Strategi Pengembangan Potensi Lokal serta Penguatan Kewirausahaan Masyarakat Perikanan dari Akademisi FPIK (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan) Universitas Brawijaya Malang.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari mengatakan kebijakan Pemerintah Kabupaten Probolinggo diprioritaskan dalam pengembangan dan pembangunan desa.

“Pengembangan dan pembangunan desa dilakukan untuk pengembangan 20 desa yang bersinergi dan mendukung pengembangan kawasan agropolitan, minapolitan dan kawasan pariwisata, peningkatan Indeks Desa Membangun di 8 desa dan 1 desa tertingal, penanganan desa stunting serta penanganan 25 desa yang termasuk dalam kemiskinan ekstrim,” katanya.

Hasyim menegaskan pemerintah desa dan pelaku usaha perikanan harus bersama-sama membangun desa dengan semangat gotong royong serta memanfaatkan kearifan lokal dan sumber daya alam yang ada dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dalam penanggulangan kemiskinan.

“Pemerintah berupaya mendorong agar desa-desa lebih mandiri, kreatif dan inovatif dalam membangunan desanya dengan melihat potensi yang dimiliki untuk menuju desa yang tangguh, mandiri, bermartabat dan sejahtera,” tegasnya.

Sementara Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi mengungkapkan penguatan kewirausahaan bagi pelaku usaha perikanan merupakan suatu bentuk kegiatan untuk memotivasi pelaku usaha perikanan dalam mengembangkan potensi desa khususnya desa pesisir.

“Harapan kami, para pelaku usaha perikanan selaku masyarakat bersama desa (BUMDes) bisa bersinergi dalam mengembangkan potensi desa yang dimiliki. Pelaku usaha perikanan meliputi nelayan, pembudidaya, pengolah, pemasar, petambak garam dan pokmaswas. Kegiatan ini tidak berhenti disini saja, perlu ada pendampingan SDM yang berkelanjutan untuk menjadikan desa pesisir lebih berkembang,” ungkapnya.

Menurut Dedy, dari tiga desa tersebut ada beberapa potensi yang bisa dikembangkan dengan baik. Potensi Desa Binor meliputi wisata rumah apung, wisata Pantai Bohay, wisata pasar Minggu Dewi Harmony dan transplantasi terumbu karang. Potensi Desa Asembagus meliputi garam, wisata muara sungai Asembagus dan bandeng bakar celot. Potensi Desa Gili Ketapang meliputi wisata snorkeling, wisata edukasi kerapu dan mincing.

“Melalui kegiatan penguatan kewirausahaan ini diharapkan bisa menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan masyarakat perikanan sehingga dapat memanfaatkan potensi lokal secara berkelanjutan dan meningkatkan pendapatan pelaku usaha perikanan,” harapnya. (wan)

https://probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2019/01/slotmaxwin/ https://bali.bawaslu.go.id/assets/artikel/slotgacormaxwin/ https://slot.papuabaratprov.go.id https://www.rtpharmoni.id/ slot pulsa slot slot online slot88