Tuesday, June 25, 2024
Depan > Pendidikan > Disdikdaya Gelar Workshop Optimalisasi Implementasi Perencanaan Berbasis Data dan Peningkatan Indeks Pendidikan

Disdikdaya Gelar Workshop Optimalisasi Implementasi Perencanaan Berbasis Data dan Peningkatan Indeks Pendidikan

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) Kabupaten Probolinggo menggelar workshop optimalisasi implementasi perencanaan berbasis data dan peningkatan indeks pendidikan di RM Masada Desa Karanggeger Kecamatan Pajarakan, Selasa hingga Rabu (7-8/11/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh para Pengawas Sekolah jenjang TK, SD dan SMP di lingkungan Disdikdaya Kabupaten Probolinggo.

Kepala Disdikdaya Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi melalui Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Yunita Nur Laili mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan profesionalisme Pengawas Sekolah dalam pelaksanaan tugas profesionalnya serta Pengawas Sekolah memiliki pemahaman tentang eksplorasi dasboard raport pendidikan.

“Selain itu, Pengawas Sekolah mampu menganalisis raport pendidikan dan melaksanakan pendampingan terhadap lembaga binaan, Pengawas Sekolah mampu menyusun program kepengawasan, supervisi dan pendampingan melalui PBD, membentuk pola penjangkauan dan pendampingan untuk menumbuhkan minat sekolah serta meningkatnya indeks pendidikan Kabupaten Probolinggo melalui program Ayo Sekolah,” katanya.

Menurut Yunita, rapor pendidikan adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya. Kebijakan evaluasi sistem pendidikan yang baru lebih menekankan pada orientasi terhadap mutu pendidikan dan sistem yang terintegrasi.

“Platform ini ditujukan untuk satuan pendidikan dan pemerintah daerah agar bisa mengidentifikasi tantangan pendidikan di satuan pendidikan dan menjadi bahan untuk refleksi sehingga bisa menyusun rencana perbaikan pendidikan secara lebih tepat dan berbasis data,” terangnya.

Selain itu jelas Yunita, untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas Pemerintah Daerah terutama Disdikdaya beserta Pengawas Sekolah, PGRI dan pengelola PKBM dalam penanganan Anak Tidak Sekolah (ATS) sebagai upaya pelaksanaan program Ayo Sekolah di Kabupaten Probolinggo.

“Harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi dan profesionalisme Pengawas Sekolah dalam pelaksanaan tugas profesionalnya, meningkatkan pemahaman Pengawas Sekolah tentang eksplorasi dasboard raport pendidikan serta menganalisis raport pendidikan untuk menemukan solusi dalam upaya meningkatkan indeks pendidikan di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)