Depan > Informasi Layak Anak > Disdikbud Sosialisasikan Penanaman Nilai Kejujuran Melalui Pendidikan Karakter

Disdikbud Sosialisasikan Penanaman Nilai Kejujuran Melalui Pendidikan Karakter

Reporter : Syamsul Akbar
GENDING – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi penanaman nilai kejujuran melalui pendidikan karakter pada anak usia dini di obyek wisata Pantai Bentar Desa Curahsawo Kecamatan Gending, Rabu (27/7/2022).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Disdikbud Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi ini diikuti oleh 92 anak TK (per kecamatan 4 anak TK) dan 46 orang guru (per kecamatan 2 orang guru) dari 23 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

Selama kegiatan mereka mendapatkan materi dari narasumber yang berasal dari Polres Probolinggo dan Praktisi. Kegiatannya terdiri dari senam kejujuran anak usia dini, dongeng, materi kejujuran, game dan senam penguin.

Kepala Bidang Pembinaan PAUD, PNF Disdikbud Kabupaten Probolinggo Sulastri mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk membantu perkembangan jiwa anak-anak baik lahir maupun batin serta meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan bagi peserta didik agar mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuan nilai-nilai karakter dalam perilaku sehari-hari.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat melatih kejujuran pada anak sejak dini agar anak kelak dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik dan dapat dipercaya semua orang. Selain itu, orang tua sudah mulai membangun karakter jujur dalam diri anak sejak dini,” ujarnya.

Sementara Kepala Disdikbud Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi mengatakan sosialisasi pendidikan karakter berupa kejujuran dan memang harus ditanamkan sejak dini. Hal ini menjadi sangat penting karena karakter kejujuran iu menjadi modal utama bagi penebaran semua kebaikan.

“Kalau ingin masyarakatnya baik, dimulai dari kejujuran. Kalau sudah tidak jujur maka menjadi tidak akan baik. Dan itu harus ditanamkan sejak usia dini. Ini menjadi sangat penting dan kegiatan ini harus didesiminasikan dan disebarluaskan kepada semua pendidikan anak usia dini yang ada di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Melalui kegiatan ini Rozi mengharapkan nantinya tumbuh nilai karakter kejujuran anak-anak dan menjadi anak yang berkarakter mulia. “Profil pelajar Pancasila, nilai-nilai yang pertama iman, taqwa dan akhlak mulia. Kejujuran adalah akhlak mulia. Jadi ini bagian dari implementasi mewujudkan profil pelajar Pancasila,” pungkasnya. (wan)