Depan > Pendidikan > Disdikbud Gelar Rakor Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka

Disdikbud Gelar Rakor Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat koordinasi (rakor) penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), Jum’at (5/8/2022).

Kegiatan ini secara luring oleh 80 satuan pendidikan meliputi TK, SD dan SMP di Kabupaten Probolinggo. Sebagai narasumber berasal dari Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur.

Selain luring, satuan pendidikan juga ada yang mengikuti secara zoom meeting karena kapasitas untuk kegiatan tersebut tidak bisa memenuhi semua. Mengingat jumlah guru di Kabupaten Probolinggo yang sangat.

Kepala Disdikbud Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi mengatakan kegiatan tersebut digelar terkait dengan Platform Merdeka Mengajar (PMM) bagi sekolah dan guru-guru yang siap mengikuti IKM.

“Mereka dilatih untuk mengikuti bagaimana cara untuk masuk dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM) dengan menggunakan platform akun belajar.id dari masing-masing guru,” katanya.

Menurut Rozi, kegiatan ini dimaksudkan agar guru-guru segera mendaftar ke Platform Merdeka Mengajar dengan tujuan guru-guru bisa mendownload semua kegiatan yang terkait dengan bagaimana aktifitas guru. Serta bagaimana cara menjadi komunitas belajar dan bagaimana guru-guru menjadi aktif dalam membelajarkan peserta didik.

“Beberapa tahapan atau langkah-langkah yang harus dilalui oleh seorang guru untuk masuk ke dalam guru merdeka mengajar, mereka harus mendownload merdeka mengajar. Kemudian didalamnya akan banyak sekali link untuk masuk menjadi bagian dari guru merdeka mengajar,” jelasnya.

Rozi mengharapkan semua satuan pendidikan ini bisa berwarna biru. Artinya guru-guru tersebut sudah selesai atau menuntaskan bagian dari Platform Merdeka Mengajar sehingga diharapkan mereka mempunyai sertifikat untuk IKM. “Harapannya semua guru bisa masuk dalam Platform Merdeka Mengajar dan masuk dalam Komunitas Belajar,” pungkasnya. (wan)