Depan > Informasi Layak Anak > Kak Timbul Buka Gladian Pimpinan Satuan Penegak

Kak Timbul Buka Gladian Pimpinan Satuan Penegak

Reporter : Mujiono
DRINGU – Untuk meningkatkan pendidikan dan pelatihan bagi Pramuka Penegak maupun Pandega, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo melalui Dewan Kerja Cabang (DKC) menggelar gladian pimpinan satuan penegak tahun 2022, Jum’at hingga Minggu (5-7/8/2022).

Kegiatan yang diikuti pramuka SMA/SMK/MA se-Kabupaten Probolinggo ini dibuka secara resmi oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Jum’at (5/8/2022) sekitar pukul 18.00 WIB di ruang pertemuan Diklat Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Probolinggo.

Pendidikan dan pelatihan bagi Pramuka penegak maupun pandega ini dilakukan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dalam mengelola satuan gerak yang meliputi ambalan, rancana dan satuan karya pramuka. Dengan tujuannya untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan meningkatkan tanggung jawab terhadap diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara.

Kegiatan ini diikuti peserta yang berasal dari 35 gugus depan. Yakni SMA/SMK sebanyak 21 gugus depan dan MA sebanyak 14 gugus depan. Untuk peserta putra sebanyak 47 orang dan putri sebanyak 45 orang dengan total keseluruhan sebanyak 92 orang.

Gladian pimpinan satuan penegak ini berisi 8 (delapan) pematerian yaitu pola mekanisme dan pembinaan, sistem administrasi satuan, leadership, scout enterpreneur, public speaking, scout project, problem solving dan management resiko dan evaluasi diskusi penegak.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Timbul Prihanjoko menyampaikan melalui kegiatan kepramukaan ini outputnya dapat meningkatkan kualitas kader pramuka di tingkat satuan.

“Dalam mengembangkan kepramukaan terkait dengan satuan kepramukaan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan pramuka penegak dan pandega dibidang administrasi,” katanya.

Selain itu jelas Kak Timbul, untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan administrasi dan manajemen satuan. “Saya meminta para peserta untuk mengikuti dengan baik dan sungguh-sungguh semua kegiatan. Untuk panitia sebagai penyelenggara kegiatan ini dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan dengan rasa tanggung jawab,” pungkasnya. (y0n)