Monday, February 26, 2024
Depan > Pendidikan > Disdikbud Berikan Pelatihan Pengembangan Program dan Kegiatan KKG

Disdikbud Berikan Pelatihan Pengembangan Program dan Kegiatan KKG

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan pengembangan program dan kegiatan KKG (Kelompok Kerja Guru) di aula Disdikbud Kabupaten Probolinggo, Senin dan Selasa (23-24/5/2022).

Program penyelenggaraan proses belajar dan ujian bagi peserta didik ini diikuti oleh 53 Ketua KKG yang ada di wilayah timur Kabupaten Probolinggo. Selama tiga hari mereka mendapatkan materi dari Pengawas Tegalsiwalan Suwanto dan Pengawas Gending Moh. Wahyudi.

Kepala Disdikbud Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi melalui Analis Kebijakan Muda Like Lidyawati mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka.

“Guru harus pro aktif untuk menengok raport pendidikan di satuan pendidikannya, sehingga muncul semangat baru untuk bergerak mengadakan perubahan. Di gugus itulah guru bisa berkolaborasi dan berinovasi lewat KKG,” katanya.

Menurut Like, kegiatan ini bertujuan untuk menggiatkan kembali Kelompok Kerja Guru untuk menyusun program dan membuat kegiatan menarik yang bisa dikemas bersama melalui KKG.

“KKG perlu bangkit dan semangat kembali untuk memperbaiki raport pendidikan, menganalisa perubahan dan perbaikan yang masih kurang. Dengan menyusun program yang realistis, maka akan terukur kekurangan yang harus dibangun bersama oleh guru dalam satu wadah KKG,” jelasnya.

Like mengharapkan KKG yang mempunyai ruang lebih luas untuk memfasilitasi guru baik dalam hal pengembangan profesi, komunikasi dan informasi untuk meningkatkan prestasi baik dimensi guru ataupun untuk siswa.

Kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di SDN Kedungdalem 2 Kecamatan Dringu pada Rabu dan Jum’at (25-27/5/2022) dengan peserta 52 Ketua KKG yang ada di wilayah barat Kabupaten Probolinggo. (wan)