Sunday, January 23, 2022
Depan > Kemasyarakatan > Dinsos Lakukan Simulasi Pelayanan Dapur Umum

Dinsos Lakukan Simulasi Pelayanan Dapur Umum

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo melakukan simulasi pelayanan dapur umum di Desa Jabungsisir Kecamatan Paiton, Minggu (14/11/2021). Simulasi ini melibatkan 31 personil Tagana dan 11 ASN Dinsos Kabupaten Probolinggo.

Simulasi pelayanan dapur umum ini dilakukan sebagai wujud salah satu kepedulian dan rasa kemanusian dan implementasi satu pilar dari empat pilar kebangsaan. Yakni, Pancasila sila ke-2 yang berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

Kepala Dinsos Kabupaten Probolinggo Achmad Arif melalui Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Siti Mariam mengatakan simulasi pelayanan dapur umum lapangan ini merupakan sebagai bentuk untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kecepatan respon penanganan dalam menghadapi apabila terjadi bencana, terutama di musim penghujan. “Namum kami tetap selalu berdoa agar tidak terjadi bencana banjir di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Dalam simulasi pelayanan dapur umum ini Dinsos bersama Tagana menyiapkan 500 bungkus nasi yang dibagikan kepada para tukang becak di jalan, pedagang kecil di Pasar Desa Jabungsisir, pencari amal, jasa penyebrang jalan serta warga yang kurang mampu.

“Simulasi pelayanan dapur umum ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses kerja Tagana Kabupaten Probolinggo dalam menyiapkan makanan serta mengecek berbagai kelengkapan peralatan dan fasilitas di dapur umum,” jelasnya.

Dengan semangat persatuan dan gotong royong yang baik dan didasari hati relawan yang tulus, ikhlas dan sabar, dalam melaksanakan tugas di Dapur Umum Tagana Kabupaten Probolinggo dibagi menjadi tiga (3) Tim. Yakni, Tim 1 Bagian Persiapan Peralatan dan Logistik, Tim 2 bagian Persiapan Lokasi dan Tim 3 bagian Belanja.

“Begitu juga dengan proses pengolahan penyiapan makanan juga dibagi dalam beberapa bagian meliputi bagian nasi, bagian lauk, bagian sayur, bagian logistik, bagian packing, bagian distribusi dan bagian kebersihan,” terangnya.

Melalui simulasi pelayanan dapur umum ini Mariam mengharapkan kedepannya para anggota Tagana Kabupaten Probolinggo dapat mempersiapkan perbekalan dapur umum lebih sigap dan cepat dengan simulasi dapur umum yang telah dilaksanakan.

“Paling tidak nantinya dapat meningkatkan pelaksanaan tugas dan fungsi dari Tagana Kabupaten Probolinggo di bidang perlindungan sosial, khususnya korban bencana alam,” pungkasnya. (wan)