Monday, April 22, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Dinsos Gelar Bimtek Bagi Calon PSM

Dinsos Gelar Bimtek Bagi Calon PSM

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo menggelar bimbingan teknis (bimtek) bagi calon Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat di dalam penanganan masalah sosial di J’Bing Café & Resto Desa Tamansari Kecamatan Dringu, Senin (17/10/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh 27 orang dari 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Probolinggo dari unsur masyarakat yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial pada Dinsos Kabupaten Probolinggo Rigustina mengungkapkan kegiatan ini bertujuan sebagai penguatan kelembagaan PSM serta memberikan bekal pengetahuan kepada calon PSM tentang dasar-dasar praktik penanganan PMKS. “Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan tenaga PSM yang menangani berbagai macam permasalahan sosial,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinsos Kabupaten Probolinggo Achmad Arif mengatakan PSM memiliki peran vital dan harus ditingkatkan pengetahuan dan ketrampilan dasarnya sehingga dapat meningkatkan kinerja PSM di dalam mengatasi permasalahan sosial.

“PSM sebagai salah satu pilar-pilar sosial mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial serta meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menangani masalah sosial guna mewujudkan kehidupan masyarakat yang sejahtera,” katanya.

Menurut Arif, warga masyarakat yang memiliki keberfungsian sosial yang mampu memenuhi kebutuhannya secara mandiri dan tertanganinya masalah sosial. “Ikutilah kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sebagai tambahan ilmu bagi saudara di dalam pengabdian sebagai PSM. Yakinlah apa yang dilakukan selaku PSM adalah bagian dari ibadah,” pungkasnya. (wan)