Sunday, September 26, 2021
Depan > Kesehatan > Bupati Tantri Uji Coba Scan Barcode Aplikasi PeduliLindungi

Bupati Tantri Uji Coba Scan Barcode Aplikasi PeduliLindungi

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian (Diskominfo) telah menerapkan pengembangan aplikasi PeduliLindungi Scan Barcode yang diawali di Pendopo Kabupaten Probolinggo agar supaya mengoptimalkan perlindungan kesehatan dan upaya mendukung penerapan protokol kesehatan.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono dan segenap pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo melakukan uji coba Scan Barcode melalui aplikasi PeduliLindungi, Jum’at (27/8/2021) pagi di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.

Pencanangan pengembangan teknologi digital aplikasi PeduliLindungi dalam bentuk scan barcode untuk mendukung disiplin penerapan protokol kesehatan dan 3T (Testing, Tracing dan Treatment). Dimana 3T sebagai upaya krusial dalam pengendalian pandemi. Manfaatnya dapat mempermudah dan menyingkat alur informasi, efektif, dan adaptif diadopsi dalam beragam sektor.

Aplikasi ini bisa membantu setiap warga melakukan surveilans kesehatan berupa penelusuran, pelacakan dan pengurungan terhadap anggota masyarakat yang diduga terinfeksi Covid-19. Pemanfaatan PeduliLindungi juga penting dalam penerapan perpanjangan PPKM dengan melaksanakan beberapa uji coba penyesuaian aktivitas masyarakat. Salah satunya, sebagai fungsi skrining untuk memasuki suatu tempat atau area.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menyampaikan program aplikasi PeduliLindungi bermanfaat dan berkontribusi di lingkup pemerintah maupun masyarakat. Suatu saat aplikasi ini akan dibutuhkan di tiap-tiap tempat. Pada uji coba ini sementara dilakukan di tempat pelayanan publik yaitu di Pendopo, Kantor Bupati Probolinggo dan Mal Pelayanan Publik.

“Saya selalu Bupati Probolinggo berinisiatif melakukan pengembangan aplikasi PeduliLindungi. Sebagaimana saya melakukan koordinasi dan memberikan ide dengan lintas sektoral Polres, Kodim dan di kantor-kantor yang lainnya untuk menerapkan aplikasi PeduliLindungi beberapa hari yang lalu,” katanya.

Menurut Bupati Tantri, ini bentuk upaya preventif dan kuratif yang harus dilakukan secara bersamaan. Aplikasi PeduliLindungi Scan Barcode ini merupakan salah satunya upaya preventif untuk memberikan jaminan keselamatan bagi siapapun yang melakukan interaksi. “Tindak lanjut dalam pengelolahan aplikasi PeduliLindungi Scan Barcode ini beralih dari Dinas Kominfo kepada Bagian Umum dan Satpol PP,” pungkasnya. (y0n)