Wednesday, March 3, 2021
Depan > Pemerintahan > Bupati Tantri Ikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Secara Virtual

Bupati Tantri Ikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Secara Virtual

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Setelah melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI di halaman depan Kantor Bupati Probolinggo pada pukul 07.30 WIB, Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE mengikuti upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-75 Kemerdekaan RI secara virtual pada pukul 09.30 WIB di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Senin (17/8/2020).

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-75 Kemerdekaan RI secara virtual tersebut diikuti oleh 34 provinsi yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur. Tema peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020 adalah “Indonesia Maju”.

Turut mendampingi Bupati Tantri dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Ketua DPRD Andi Suryanto Wibowo, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo Adhryansah, Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan Gatot Ardian Agustriono, Wakapolres Probolinggo Kompol Agung Setiono, Perwira Penghubung Kodim 0820/Probolinggo Mayor Inf. Puguh Jatmiko, Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Dalam upacara virtual tersebut terlihat Presiden Joko Widodo memakai pakaian adat daerah Timor Tengah Selatan dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Selain Presiden Joko Widodo, hadir pula Wakil Presiden Ma’aruf Amin dengan memakai busana pakaian adat Melayu yang berwarna hitam.

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-75 Kemerdekaan RI yang dilakukan secara virtual dari halaman Istana Merdeka Jakarta ini terbilang cukup unik, karena semua peserta upacara memang mengikutinya secara virtual. Semua itu dilakukan untuk mengurangi terjadinya kerumunan di masa pandemi COVID-19. Meskipun demikian, pelaksanaan upacara berjalan dengan khidmat dan lancar.

Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Kabupaten Probolinggo ini ditandai dengan pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur atas diraihnya kemerdekaan RI. Pemotongan tumpeng ini dilakukan oleh Bupati Tantri dan diserahkan kepada Ketua DPRD Andi Suryanto Wibowo dan Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo Adhryansah.

Usai mengikuti upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-75 Kemerdekaan RI secara virtual tersebut Bupati Tantri menyampaikan pilihan dengan mengadakan upacara secara virtual adalah kebijakan yang bijak dan cerdas.

“Dalam suasana seperti ini, tanpa kemudian mengabaikan protokol kesehatan kita seluruh rakyat Indonesia diberikan kesempatan dan diingatkan oleh negara untuk tetap mengingat, mengenang dan semoga menambah semangat kita untuk mengisi kemerdekaan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Secara pribadi Bupati Tantri mengaku terharu dengan peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Dalam arti ini adalah suasana yang sungguh sangat berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Tetapi Insya Allah ini juga menambah semangat kami jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo dan semua tim untuk betul-betul mengisi kemerdekaan ini. Di tengah pandemi COVID-19 ini, Insya Allah kita semakin semangat untuk berjuang dan berikhtiar yang terbaik mewujudkan rakyat yang sehat dan sejahtera,” tegasnya.

Menurut Bupati Tantri, tentu dengan kondisi ini harapannya bagaimana rakyat sehat. Tentu menuju sehat ada ikhtiarnya. “Semoga momentum kemerdekaan ini juga mengingatkan kepada kita semuanya khususnya rakyat Kabupaten Probolinggo tidak ada jalan lain kecuali disiplin menerapkan protokol kesehatan,” terangnya.

Bupati Tantri menambahkan Pemerintah Daerah dengan segala keterbatasan yang ada dengan resources yang terdapat pula tentu tidak akan mungkin mampu menghadapi pandemi tanpa kemudian keikutsertaan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Saya pikir itu yang menjadi dasar, karena tentu jika pandemi ini tidak selesai kita tidak akan mampu maksimal membangun, baik itu membangun jiwa raga rakyat dan juga infrastruktur dan seterusnya,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal