Monday, June 24, 2024
Depan > Pemerintahan > BPPKAD Berikan Sosialisasi Internet Banking Pajak Mamin

BPPKAD Berikan Sosialisasi Internet Banking Pajak Mamin

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya sektor pajak restoran (mamin), Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Bank Jatim Cabang Kraksaan memberikan sosialisasi internet banking pajak makanan dan minuman (mamin) di Iyon’s Café Desa Sentong Kecamatan Krejengan, Rabu dan Kamis (27-28/7/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. Selama kegiatan mereka dipandu oleh tim dari Bank Jatim Cabang Kraksaan sebagai Rekening Kas Umum Daerah (RKUD).

Kepala BPPKAD Kabupaten Probolinggo Dewi Korina melalui Kepala Bidang Pendapatan Ofie Agustin mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada para OPD dan kecamatan tentang pembayaran pajak mamin melalui aplikasi.

“Semua aplikasi itu tujuannya untuk memberikan kemudahan kepada wajib pajak dalam pembayaran pajak mamin, terutama OPD-OPD tidak perlu mengisi form manual. Mereka bisa langsung membuka aplikasi entri dan bayar di multichannel,” katanya.

Menurut Ofie, pembayaran pajak daerah melalui pembayaran elektronik ini bisa dilakukan melalui e-mamin, e-reklame, e-ABT, e-restoran, e-hotel dan e-parkir. Pembayaran multichannel ini bisa dilakukan melalui perbankan, toko modern hingga aplikasi-aplikasi pembayaran online lainnya.

“Harapanya dengan aplikasi e-mamin dapat memberikan layanan maksimal kepada OPD dan pemerintah desa dalam pembayaran pajak maminnya sehingga monitoring lebih mudah, transparan dan akuntable. Sebab setiap data yang di entry dan belum dibayarkan dapat dimonitoring. Setelah dibayar juga langsung termonitor secara real time,” pungkasnya. (wan)