Monday, December 6, 2021
Depan > Kemasyarakatan > BBKT ke-61, Katar Gelar Vaksinasi dan Baksos

BBKT ke-61, Katar Gelar Vaksinasi dan Baksos

Reporter : Syamsul Akbar
KOTAANYAR – Dalam rangka menyemarakkan Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) ke-61 tahun 2021, Karang Taruna menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19 aman dan sehat serta bakti sosial berupa pembagian masker, vitamin dan sembako di Balai Desa Tambak Ukir Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo, Sabtu (25/9/2021).

Desa Tambak Ukir Kecamatan Kotaanyar dipilih sebagai lokasi kegiatan BBKT ke-61 karena memang capaian vaksinasi Covid-19 sangat rendah dan untuk mendukung program percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Probolinggo.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Desa Tambak Ukir yang diikuti oleh masyarakat yang belum melakukan vaksinasi Covid-19 ini terselenggara berkat kerja sama antara Karang Taruna Kabupaten Probolinggo bersama dengan Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, PT POMI Paiton dan Kopasus.

BBKT ke-61 oleh Karang Taruna Kabupaten Probolinggo ini didukung penuh oleh Dinas Sosial, Camat Kotaanyar dan Forkopimka Kotaanyar, Pemerintah Desa Tambak Ukir, CSR, Pendamping PKH, PAC GP Ansor Kotaanyar, TKSK, tokoh masyarakat dan agama, Puskesmas Kotaanyar serta pelajar SMPN dan SMKN Kotaanyar.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Yunita Nur Laili mengatakan peringatan BBKT ke-61 berupa vaksinasi Covid-19 serta penyerahan masker, vitamin dan sembako ini dimaksudkan sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dalam rangka implementasi dari visi dan misi Karang Taruna serta meningkatkan rasa kesetiakawanan sosial dalam menumbuhkembangkan kepedulian sosial.

“Melalui kegiatan Bulan Bhakti Karang Taruna ke-61 ini, Karang Taruna Kabupaten Probolinggo mengharapkan masyarakat bisa turut serta mensukseskan program vaksinasi sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta mempercepat capaian prosentase vaksinasi sebesar 70% untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok masyarakat,” katanya.

Sementara Camat Kotaanyar Febrya Ilham Hidayat mengungkapkan vaksinasi Covid-19 ini merupakan program pemerintah supaya masyatakat sehat di tengah-tengah pandemi Covid-19. Jika sudah sehat maka bisa beraktifitas dengan baik dan siap menghadapi pandemi Covid-19.

“Terima kasih kepada Karang Taruna Kabupaten Probolinggo. Melalui kegiatan Bulan Bhakti Karang Taruna ke-61, telah mampu mendongkrak capaian vaksinasi Covid-19 di Desa Tambak Ukir Kecamatan Kotaanyar. Mohon dukungannya supaya ke depan lebih memperhatikan kesehatan demi membangkitkan kepedulian kepada kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo Rigustina. Pihaknya mengharapkan program vaksinasi Covid-19 yang dimotori oleh Karang Taruna Kabupaten Probolinggo melalui BBKT ke-61 bisa membantu dan mendukung cakupan vaksinasi di Desa Tambak Ukir Kecamatan Kotaanyar.

“Harapannya masyarakat yang belum vaksin agar ke depannya juga akan sadar dan bersedia untuk divaksin sesuai dengan cakupan yang ada di Desa Tambak Ukir sehingga bisa menekan dan memutus penyebaran Covid-19,” harapnya.

Sedangkan Kepala Puskesmas Kotaanyar Laifakhatun Azkiyah menyampaikan bahwa Desa Tambak Ukir dari 13 desa yang ada di Kecamatan Kotaanyar untuk prosentase cakupan vaksinasi Covid-19 paling rendah bersama dengan Desa Talkandang sebesar 15% atau sekitar 150 orang dari total jumlah penduduk. Itupun dicapai selama 5 bulan.

“Tapi dengan adanya Bulan Bhakti Karang Taruna ke-61 ini capaiannya dalam sehari hampir 200 orang. Ini di luar dugaan kami melihat antusias masyarakat yang sangat tinggi,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk jenis vaksin yang digunakan adalah AstraZeneca untuk masyarakat usia 18 tahun ke atas dan Sinovac untuk ibu hamil dan remaja. “Alhamdulillah, adanya Bulan Bhakti Karang Taruna ini benar-benar membawa angin segar dan mampu mendongkrak capaian vaksinasi di Desa Tambak Ukir pada khususnya dan Kecamatan Kotaanyar pada umumnya,” pungkasnya. (wan)