Sunday, April 14, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Baznas Bakal Bangun Kembali Rumah Layak Huni Korban Kebakaran

Baznas Bakal Bangun Kembali Rumah Layak Huni Korban Kebakaran

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo bakal membangun kembali rumah layak huni korban kebakaran atas nama Sumiati (50 tahun) asal Dusun Lontong RT 05 RW 02 Desa Kramat Agung Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo.

“Sesuai dengan laporan dari Bapak Camat Bantaran, rumah Ibu Sumiati di Desa Kramat Agung Kecamatan Bantaran ini terbakar pada tanggal 20 September 2023 lalu. Ibu ini betul-btul masuk kategori kaum dhuafa dan berprosesi sebagai buruh tani. Ia hidup dengan anak angkatnya,” kata Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo Ahmad Muzammil.

Menurut Muzammil, akibat kebakaran tersebut rumah Sumiati ini habis total. Dengan kejadian tersebut, Baznas akan membangunkan kembali rumah layak huni. “Pembangunan rumah tersebut akan dilakukan dalam minggu depan dan sudah dianggarkan sebesar Rp 20 juta,” jelasnya.

Muzammil menjelaskan tim Baznas sudah melakukan survey ke lokasi dan memang sudah memenuhi syarat. Korban ini tidak mempunyai suami karena meninggal dunia. Kemudian menikah lagi dan suaminya membawa anak. Lalu suami keduanya juga meninggal dunia dan sekarang tinggal bersama dengan anak suaminya.

“Seandainya hidup sebatang kara, maka Baznas tidak bisa membangunkan rumahnya. Karena memang harus ada keberlanjutan dari pemanfaatan rumah yang akan dibangun,” terangnya.

Lebih lanjut Muzammil menjelaskan pembangunan kembali rumah yang sudah terbakar ini bertujuan agar korban bisa menempati rumah yang layak. Baznas berupaya bagaimana korban ini bisa memiliki rumah sendiri dan tidak menumpang kepada orang lain.

“Anggaran pembangunan rumah bagi korban kebakaran ini diambilkan dari dana zakat dan masuk dalam program Probolinggo Peduli. Harapannya bagaimana nanti rumah yang kita bangun ini bisa dimanfaatkan dengan baik,” pungkasnya. (wan)